Share on

Mau tahu nama populer bagi bayi-bayi Jepang yang lahir akhir-akhir ini? Bisa! Salah satu platform Jepang untuk mengetahui segala hal tentang bayi, Baby Calendar, merilis sebuah survei dengan 18.315 nama bayi Jepang yang dilahirkan pada  April 2020 lalu. Hasil survei ini menunjukkan ada tren menarik yang mengaitkan nama-nama itu dengan even saat ini, musim, hingga era dalam menamai anak. Penasaran?

10 Nama Anak Jepang Terpopuler per April 2020

Nama-nama bayi Jepang japanesestation.com
10 Nama Anak Terpopuler per April 2020 (livejapan.com)

10 Nama Anak Perempuan Terpopuler per April 2020:

1. Riko

2. Sakura/Sara

3. Sakura

4. Tsumugi

5. Mio

6. Yuzuki

7. Yuina/Yuna

8. Hinata/Himari

9. Haruna/Hina

10. Aoi

10 Nama Anak Laki-laki Terpopuler per April 2020:

1. Haruto/Hinato

2. Ren

3. Minato

4. Haruto/Hiroto

5. Itsuki/Tatsuki

6. Asahi

7. Aoi/So

8. Dan/Haru

9. Haruma/Yuma

10. Ao/Aoi

(Catatan: banyak nama yang dapat dibaca dengan cara baca lain, jadi yang ditampilkan hanya 1 atau 2 saja)

Jika dilihat dari cara baca, inilah cara baca nama bayi Jepang terfavorit per April 2020!

Nama-nama bayi Jepang japanesestation.com
10 Cara Baca Terfavorit bagi Nama Anak per April 2020

10 Cara Baca Terfavorit bagi Nama Anak Perempuan per April 2020:

1. Sakura

2. Koharu

3. Mio

4. Yui

5. Mei

6. Tsumugi

7. Rio

8. Ema

9. Ichika

10. Sana

11. Honoka

10 Cara Baca Terfavorit Nama Anak Laki-laki per April 2020:

1. Haruto

2. Haruki

3. Sota

4. Minato

5. Yuto

6. Hinata

7. Riku

8. Yuito

9. Haru

10. Aoto

(Catatan: chart di atas hanya menunjukan cara baca namanya saja, tidak termasuk kanji yang digunakan untuk penulisan nama.)

Harapan di Tengah Masa Suram

Di masa suram di tengah masa pandemi virus corona seperti sekarang, banyak orang tua yang menamai anaknya yang baru lahir dengan nama-nama yang mengandung kanji yang berhubungan dengan cahaya, terbang, dan hal-hal positif lain. Nama terfavorit untuk anak laki-laki misalnya, Haruto/Hinato, nama ini menggabungkan kanji untuk matahari dan kanji untuk cahaya. Kanji-kanji ini juga terus digunakan di nama-nama lain dalam lidt di atas, menunjukkan kalau ada preferensi dalam membuat nama yang melambangkan “harapan.”

Banyak wanita yang melahirkan di bulan April tidak dapat menerima pengunjung di rumah sakit atau ditemani oleh keluarga saat melahirkan. Mereka melahirkan sendirian, belum lagi rasa takut yang menyelimuti di hari yang harusnya menjadi saat paling bahagia itu. Karena itu, tidak aneh jika mereka memilih nama-nama penuh harapan bagi bayi mereka, berdoa agar mereka dapat membuat suasana lebih cerah di tengah masa suram ini.

Nama Sesuai Musim

Kamu yang pernah berkunjung ke Jepang pasti tahu kan kalau pohon sakura berbunga saat bulan April? Karena itu, “Sakura” dan kanji yang digunakan untuk menulis namanya hampir selalu ada di bayi-bayi yang lahir di bulan April. Elemen lain yang biasanya ditemukan pada bayi yang lahir di bulan April adalah kanji “haru” yang berarti “musim semi.”

Era Baru, Nama Baru

Saat Kaisar Heisei, Kaisar Akihito lengser dan digantikan oleh putranya, Naruhito, era pun berganti menjadi Reiwa. Setelah nama era Reiwa diumumkan pada April 2019, terjadi peningkatan nama bayi dengan kanji ‘Rei.” Contohnya, Reika, Erena, dan Reisa bagi anak perempuan, dan Rei atau Reo bagi anak laki-laki. Sebelum era Reiwa dimulai, nama-nama ini tidak setenar sekarang, namun memasuki era Reiwa, nama dengan karakter kanji “Rei” semakin banyak saja.  

Melihat peringkat nama bayi Jepang merupakan salah satu cara menyenangkan untuk mempelejari budaya kan? Nah, kalau di sini, kira-kira apa ya nama yang paling populer sekarang?