Share on

Meskipun sudah menjadi negara maju, Jepang masih mempertahankan budaya dan kepercayaan mereka, bahkan hingga hal terkecil sekalipun seperti etika makan di atas meja makan. Etika makan orang Jepang bisa sangat berbeda dari negara-negara lain, karena itu hal ini benar-benar harus sangat kamu perhatikan ketika berkunjung ke Jepang atau datang ke acara makan bersama orang Jepang. Berikut ini adalah etika makan ala Jepang di atas meja yang harus kamu perhatikan!

Advertise With Us

1. Menunjukkan Rasa Terima Kasih atas Makanannya

etika makan
Etika Makan di Jepang (pakutaso.com)

Di Jepang, sebelum makan orang mengucapkan itadakimasu (いただきます) yang secara harfiah diterjemahkan sebagai "saya dengan rendah hati menerima (makanan ini)", dan gochisousamadeshita (ごちそうさまでした) setelah makan yang diterjemahkan sebagai "itu adalah makanan yang enak". Ini juga merupakan cara mengungkapkan rasa terima kasih dan pujian atas makanannya.

2. Memegang Mangkuk dengan Tangan

etika makan
Etika makan di Jepang (pakutaso.com)

Di Jepang, orang memegang mangkuk dengan satu tangan, dan makan menggunakan satu tangan lainnya. Khususnya untuk sup, mungkin karena negara Jepang makan mnggunakan sumpit, maka orang harus minum langsung dari mangkuk. Namun, ini tidak berlaku untuk piring dan mangkuk besar.

3. Jangan Langsung Disantap, Pindahkan dulu ke Mangkuk Sendiri

Kesalahan umum yang dilakukan oleh banyak turis di Jepang adalah mencoba mengambil lauk dari piring dan langsung memakannya. Padahal cara makan yang sopan adalah dengan mengambil makanan dan memindahkannya ke piring sendiri terlebih dahulu, dan kemudian memakannya dari sana.

4. Jangan Meletakkan Lauk di Atas Nasi

Makanan Jepang
Makanan Jepang (pakutaso.com)

Ternyata banyak negara di asia menanggap bahwa menaruh lauk di atas nasi adalah hal yang tidak baik. Menurut orang Jepang, nasi akan menjadi kotor jika ditambahkan lauk pauk, dan mereka biasanya hanya makan satu hal pada satu waktu

5. Makan Mie Harus Diseruput

Makan Mie Jepang
Orang Jepang makan mie dengan cara diseruput (pakutaso.com)

Meski kedengarannya aneh, tetapi memang tidak sopan jika kamu hanya diam saat makan makanan seperti ramen di Jepang. Yang dimaksud adalah kamu harus menyeruput mie ketika makan ramen. Alasannya adalah karena jika kamu melakukan hal itu berarti kamu menghormati orang yang memasak. Kamu juga jadi bisa menikmati aroma dan rasa ramen dengan lebih baik jika makan dengan cara diseruput.

6. Ada Aturan di Balik Penggunaan Sumpit

Ternyata ada banyak larangan dalam penggunaan sumpit di Jepang, bahkan ada namanya!

Sorabashi adalah mengambil makanan, tapi kemudian mengembalikannya.

Sashibashi adalah menusuk makanan dengan sumpit untuk mengambilnya, dan juga mengarahkan sumpit ke orang lain.

Mayoibashi adalah menyentuh makanan tanpa mengambilnya.

Yosebashi adalah menggunakan sumpit untuk memindahkan mangkuk atau piring.

7. Jangan Meletakkan Siku di Atas Meja

menempelkan siku
Jangan menempelkan siku ke meja saat makan (matcha-jp.com)

Peraturan yang satu ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan, karena banyak negara yang menganggapnya tidak sopan. Tetapi di Jepang, orang-orang juga mengatakan bahwa tidak boleh menyembunyikan siku di bawah meja. Kedua tangan harus memegang mangkuk dan sumpit.