Share on

Bahkan jika kita semua tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan ke Jepang saat ini karena wabah coronavirus Covid-19 yang melanda seluruh dunia, kita tetap bisa melihat Jepang melalui kumpulan video ini yang dapat memberikan suka cita dan inspirasi. Dari pemandangan spektakuler hingga humor dan budaya, ada banyak video pendek yang menghibur untuk menikmati perjalanan Jepang sambil tetap bersantai di rumah.

Advertise With Us

Sepuluh Video menarik yang menampilkan aneka sudut pandang akan Negara Jepang, dikelompokkan ke dalam empat kategori: pemandangan indah, budaya Jepang, humor, dan menemukan kembali kesenangan bepergian.

Pemandangan Jepang yang Indah dalam Video

Kelompok video pertama menampilkan pemandangan alam yang menakjubkan dari seluruh pelosok Jepang. Ayo kita melihat Jepang tidak hanya dari kehidupan kotanya yang ramai!

(1) Saga City - Balon Udara Panas di Pedesaan Jepang

Surf Slow SAGA, Jepang adalah video yang dibuat oleh Saga City pada tahun 2017. Ada pemandangan yang mengesankan di mana balon udara panas mengambang dengan santai di langit.

Saga telah menyelenggarakan Fiesta Balon Internasional Saga setiap tahun sejak 1980. Setiap tahun dari akhir Oktober hingga awal November, sekitar 100 balon terbang di atas kota dan mewarnai langit selama lima hari. Saga menawarkan lebih dari sekadar balon udara panas yang berwarna-warni. Video pariwisata ini menampilkan pemandangan menakjubkan yang unik di pedesaan, seperti Dataran Tinggi Mitsuse, tempat pengunjung dapat menikmati alam bebas, dan Ngarai Kawakamikyo, tempat anak-anak terlihat bersenang-senang di sepanjang sungai. Untuk detail, silakan merujuk ke situs resmi Saga City (tersedia dalam bahasa Inggris, Cina tradisional dan yang disederhanakan, serta Korea).

Melihat Jepang dalam 10 Video Menarik Ini!
Di Ngarai Kawakamikyo, koinobori (pita ikan mas) setiap tahun diterbangkan di atas sungai dari bulan April hingga awal Mei (https://matcha-jp.com/en/9532)

Rumah bagi Kota Saga, Prefektur Saga terletak di wilayah Kyushu. Prefektur ini menawarkan berbagai tempat wisata termasuk Kuil Yutoku Inari, yang digunakan sebagai lokasi syuting untuk film Thailand.

 

(2) Tohoku Region - Warna Musim Gugur di Tohoku, Jepang

Wilayah Tohoku menawarkan pemandangan yang sering disebut sebagai citra klasik Jepang. Daerah ini dapat diakses dengan mudah dengan menaiki Shinkansen (kereta peluru) dari Tokyo.

Treasureland Tohoku Jepang adalah situs web yang memperkenalkan pesona enam prefektur Tohoku: Aomori, Akita, Miyagi, Yamagata, Iwate, dan Fukushima. Setiap video pariwisata dibagi berdasarkan musim: musim semi (bunga sakura), musim panas (festival), musim dingin (salju), dan gugur (dedaunan), seolah kita melihat Jepang dalam arus waktu.

Melihat Jepang dalam 10 Video Menarik Ini!
Sukagawa Taimatsu Akashi (https://matcha-jp.com/en/9532)

Dalam video musim gugur, kalian akan melihat pemandangan dedaunan musim gugur yang menakjubkan dari Zao dan Pegunungan Hakkoda. Musim gugur juga menandai dimulainya festival api Sukagawa Taimatsu Akashi, yang ditampilkan bersama adegan seniman membuat besi tradisional Nambu Tekki, produk khusus dari Prefektur Iwate. Video pariwisata artistik ini menangkap baik lingkungan alam Tohoku yang kaya dan orang-orangnya.

 

(3) Prefektur Shimane - Temukan Ibukota Suci Izumo

Izumo adalah nama kuno untuk bagian timur Prefektur Shimane. Seperti namanya yang muncul dalam legenda "Kojiki" (dokumen tertulis tertua di Jepang), berbagai tempat mitologis muncul di video Izumo, Jepang.

Izumo Taisha adalah kuil yang dihormati di mana dewa dari seluruh Jepang diyakini berkumpul. Pengunjung datang ke tempat ibadah suci ini untuk diberkati dengan keberuntungan, terutama dalam hubungan romantis.

Sungai Hii, yang telah berulang kali membanjiri cekungan sejak zaman kuno, dikatakan sebagai identitas sebenarnya dari Yamata no Orochi, ular naga berkepala delapan yang muncul dalam mitologi. Menurut legenda, Inasa-no-Hama, tempat seorang torii berdiri di atas sebuah batu besar adalah tempat dua dewa bertemu untuk menegosiasikan kedaulatan tanah.

Melihat Jepang dalam 10 Video Menarik Ini!
Inasa-no-Hama, Pantai Inasa Beach (https://matcha-jp.com/en/9532)

Ada banyak tempat, seperti penginapan kelas atas, Hoshino Resorts KAI Izumo, di mana pengunjung dapat berpartisipasi dalam kegiatan yang berakar pada mitos Jepang.

 

Budaya Jepang dalam Video

Video berikut ini menggambarkan aspek khas budaya Jepang.

 

(4) Prefektur Fukushima - Rasakan Semangat Samurai Sejati

Samurai adalah seorang prajurit Jepang dengan kode etik yang unik. Mereka digambarkan dalam berbagai anime, manga, dan film Hollywood yang terkenal, "The Last Samurai" (2003).

"Diamond Route Japan 2018: History - Feel the Real Samurai Spirit" adalah sebuah set video terutama di Prefektur Fukushima yang menggambarkan semangat keberanian, kesederhanaan, dan ketabahan Samurai. Selama Periode Edo, Fukushima dulunya adalah rumah bagi Nisshinkan, sekolah untuk anak-anak Klan Aizu, jadi ada banyak situs bersejarah dan acara tradisional di prefektur.

The Soma Nomaoi adalah sebuah festival di mana para samurai berbaju zirah mengendarai kuda berlari di tengah trek. Berawal lebih dari 1.000 tahun, acara ini dimulai sebagai latihan militer untuk menangkap kuda yang dilepaskan di ladang.

Melihat Jepang dalam 10 Video Menarik Ini!
Soma Nomaoi Samurai Festival (https://matcha-jp.com/en/9532)

"Diamond Route Japan" adalah proyek yang mempromosikan perjalanan ke Fukushima, Ibaraki, dan Tochigi. Video pariwisata dibuat dengan tema samurai dan kegiatan luar ruangan untuk memperkenalkan hal-hal menarik dari ketiga prefektur ini.

 

(5) Prefektur Ehime - Pratinjau Rute Ziarah Kuno

Ada beberapa rute ziarah di Jepang terkait dengan agama Buddha. Salah satunya adalah Kumano Kodo yang terkenal di Prefektur Wakayama. Jejak terkenal lainnya adalah Shikoku Henro, perjalanan spiritual yang melintasi Daerah Shikoku.

Rute ini mencakup 88 kuil yang terletak di antara empat prefektur Shikoku (Kagawa, Ehime, Kochi, dan Tokushima). Mengenakan topi jerami gaya Jepang tradisional, para peziarah (henro) mengenakan pakaian putih dan berjalan dengan tongkat. Ziarah Shikoku dikatakan memiliki lebih dari 1.200 tahun sejarah. Bahkan hari ini, banyak orang terus menempuh rute ini dengan harapan doa mereka dijawab, atau meluangkan waktu untuk merenungkan diri mereka sendiri.

Melihat Jepang dalam 10 Video Menarik Ini!
Ohenro (https://matcha-jp.com/en/9532)

"Ohenro | Experience Ehime Japan 2020" memperkenalkan kuil-kuil di bagian Ehime dari rute ziarah. Seperti Ishizuchizan Yokomineji yang ditampilkan dalam video ini, sebagian besar kuil terletak di perbukitan, sehingga jalan setapak memberikan kesempatan untuk melihat Jepang di alam terbuka.