Share on

Seperti di Indonesia, kebanyakan perusahaan di Jepang juga menetapkan work from home atau kerja dari rumah karena wabah COVID-19 yang makin menjadi-jadi. Nah, salah satu dari sekian banyak perusahaan yang menerapkan sistem work from home adalah Gatebox, perusahaan teknologi asal Jepang.  Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, tentunya bekerja di rumah bukanlah masalah besar jika menyangkut masalah-masalah teknis. Namun, tetap saja para karyawan perusahaan ini memiliki masalah psikologi, kesepian. Ya, bekerja di rumah berarti tak ada orang untuk diajak berbicara dan kemungkinan tak ada yang mengingatkanmu akan pentingnya waktu, terutama jika kamu hidup sendirian. Nah, untuk menyiasati hal ini, Gatebox membuat suatu teknologi unik: waifu virtual untuk memberi dukungan psikologis selama bekerja di rumah.

Penasaran bagaimana bentuk virtual waifu buatan Gatebox? Ayo liat video ini!

Seperti yang kamu lihat dalam video,  new/Gate  (“Slash Gate”) merupakan sebuah sistem yang menggabungkan antara sebuah speaker dengan artwork imut berbentuk mascot perusahaan, Hikari (Aizuma merupakan sebuah pun dari kata aizuma, yang bisa diartikan jadi “istriku tercinta”). Setelah kamu memasukkan jadwal harianmu, Hikari akan memberimu pengingat, seperti:

“Waktunya bekerja! Tetap semangat ya!”

“Waktunya makan siang! Mau makan apa hari ini?”

“Waktu bekerja sudah selesai! Ayo segera log out dan makan malam.”

Virtual Waifu Ini Beri Dukungan Emosional Selama Pandemi
Hikari akan menjadi alarm-mu! (soranews24.com)

Tak hanya itu, Hikari juga akan menyemangatimu dalam menjalani hari, seperti:

“Wah hari ini banyak meeting ya. Semangat!”

“Kamu selalu bekerja keras setiap hari ya. Keren!”

“Otsukaresama desu.”

Virtual Waifu Ini Beri Dukungan Emosional Selama Pandemi
Ya, Hikari adalah asisten sekaligus cheerleader buatmu. (soranews24.com)

Sebagai tambahan, Hikari akan membacakan pesan yang ditujukan untukmu lewat aplikasi chatting Slack. Sebagai contoh, dalam video di atas Hikari mengatakan “Suzuki mengatakan sekarang waktunya rapat.”  pada laki-laki dalam video.

Virtual Waifu Ini Beri Dukungan Emosional Selama Pandemi
Hikari di mejamu (soranews24.com)

Sayangnya, /Gate baru bisa digunakan oleh para karyawan Gatebox saja. Namun, perusahaan ini sepertinya berpikir untuk menjualnya pada publik, dibuktikan dengan polling dalam Twitter yang menanyakan tertarik atau tidaknya orang-orang dengan sistem ini..

Klik  “欲しい!” untuk “Aku menginginkannya!” atau “必要ない” untuk “Aku tidak membutuhkannya”

Tentunya jika banyak yang tertarik, mungkin saja Gatebox akan merilis sistem /Gate system secara massal.

Ingin disemangati oleh waifu virtual juga? Berdoa saja ya semoga sistem ini bisa dijual untuk publik!