SHARE THIS ARTICLE

Kelulusan tentunya merupakan hal yang diidamkan oleh semua pelajar yang sedang bersekolah ataupun kuliah, tak terkecuali di Jepang. Jika di Indonesia ada tradisi mencorat-coret seragam di hari kelulusan, di Jepang ada beberapa perayaan kelulusan yang unik.

Okinawa – Melempari wisudawan dengan tepung

Jika di Indonesia, melempari tepung dan telur dilakukan terhadap yang sedang berulangtahun, di Okinawa ada kebiasaan melempari mereka yang baru lulus sekolah dengan tepung terigu saat upacara kelulusan. Beberapa toko di Okinawa bahkan melarang pelajar sekolah membeli tepung terigu, karena dikhawatirkan akan digunakan untuk melakukan hal ini, seperti yang terlihat pada cuitan salah satu netizen Jepang di bawah ini. Pada selebaran tersebut tertulis “Tidak menjual tepung terigu, rokok, dan alkohol kepada murid sekolah

Gifu – Hakusen-nagashi

(image: matome.naver.jp)

Hakusen-nagashi adalah bentuk perayaan kelulusan yang dilakukan di SMU Hida, Prefektur Gifu. Pada perayaan ini, murid yang masih bersekolah dan murid yang telah lulus berdiri berjajar mengapit Sungai Daihachiga yang ada di depan sekolah. Murid yang masih sekolah berdiri di sisi dekat sekolah, murid yang telah lulus di seberangnya, sambil menyanyikan lagu perpisahan. Di saat itu, para siswa yang telah lulus saling mengikatkan tali putih yang ada di topi dan dasi di seragam sailor mereka, kemudian menghanyutkannya ke sungai. Agar tidak mengotori sungai, di hilir sungai, para siswa yang masih bersekolah sudah siap untuk mengangkat tali panjang tersebut dari sungai. Perayaan ini sudah dilakukan di sini selama sekitar setengah abad.

Akita – Menyanyikan lagu “Ooi Naru Akita”

Di Akita, ada kebiasaan untuk merayakan kelulusan dengan melakukan nyanyian bersama seluruh murid sekolah yang lulus saat itu. Lagu yang dinyanyikan adalah lagu Ooi Naru Akita (Jayalah Akita).

Melakukan balap kuda

(image: matome.naver.jp)

Di sekolah balap kuda Jepang di Chiba, sudah menjadi suatu kebiasaan bahwa pada saat kelulusan, akan dilangsungkan sebuah pertandingan percobaaan balap kuda terakhir untuk para siswa yang lulus saat itu.

Merayakan kelulusan dengan Cosplay.

Di Universitas Kyoto, cukup banyak orang yang melakukan cosplay pada upacara kelulusannya. Cosplay yang dilakukan pun bermacam-macam, mulai dari upacara kelulusan yang dirayakan dengan pesta cosplay yang meriah, lalu ada juga acara kelulusan bertema Mad Max: Fury Road, bahkan hingga cosplay menjadi Transformers!

(Featured image: girlschannel.net)

Source : matome.naver.jp
COMMENT