SHARE THIS ARTICLE

Aiko robot (1)

Masa depan telah tiba. Atau setidaknya ada tepat di ujung sana. Konglomerat elektronik dan teknik permesinan multinasional Jepang, Toshiba, baru saja memperkenalkan Aiko kepada dunia. Dia adalah robot yang terlihat dan terasa sedekat mungkin dengan manusia nyata daripada sebagai mesin, dan dia baru merupakan permulaan saja.

Aiko robot (2)

Aiko bekerja di bagian resepsionis untuk booth Toshiba di acara CEATEC baru-baru ini, sebuah pameran perdagangan teknologi tahunan di Jepang di mana berbagai kemajuan teknologi dan gadget terbaru dipamerkan. Aiko mampu membungkuk (dia memang berasal dari Jepang), dia juga bisa menyapa dan mengucapkan kata-kata dasar, dan dia dapat berbicara beberapa bahasa isyarat. Untuk saat ini, dia tidak lagi berada dalam posisi permanen, karena pada dasarnya dia berada beberapa langkah jauh dari sekedar prototipe. Namun dalam hitungan tahun, dan kita semua tahu bagaimana waktu cepat berjalan, robot seperti dia mungkin akan duduk di meja resepsionis dan bahkan menunggu di meja atau melakukan beberapa jenis pekerjaan lain.

Aiko robot (3)

Pencipta Aiko berharap bahwa pada akhirnya dia akan dapat digunakan di pusat-pusat jompo dan rumah sakit untuk memberikan pendampingan kepada para lansia dan memenuhi kebutuhan mereka yang membutuhkan perhatian dan perawatan. Mungkin di masa depan robot akan mengaburkan batasan antara manusia nyata dan mesin. Siapa yang tahu? Ketika mereka mulai memiliki perilaku dan terlihat lebih nyata, mungkin banyak orang akan mencari kesempatan untuk berada dalam hubungan romantis dengan salah satunya…

Dengan cepatnya teknologi berkembang akhir-akhir ini dan bagaimana apa yang dulu dianggap sebagai fiksi ilmiah menjadi nonfiksi tepat di depan mata kita, tidak ada keraguan bahwa masa depan telah hadir saat ini, dan kita semua tinggal di dalamnya. Dengan Aiko.

Source : dramafever.com
COMMENT