SHARE THIS ARTICLE

Banyak makanan modern yang memanjakan mata namun dapat membuat tubuh menjadi memiliki masalah kesehatan. Bagi kalian yang sedang berdiet tentunya makanan-makanan tersebut akan dihindari untuk dinikmati karena tidak baik untuk tubuh. Namun ada beberapa makanan Jepang yang sehat untuk menyeimbangkan diet, yang tidak hanya memuaskan rasa lapar tapi juga memperbaiki nutrisi.

Berikut adalah 5 makanan Jepang tersebut yang mengandung banyak vitamin dan mineral, yang harganya sama sekali tidak mahal dan dapat ditemukan di supermarket atau toko serba ada di Jepang dikutip dari savvytokyo.com.

1. Bayam Ohitashi

Bayam ohitashi bisa dibuat dengan mudah dan cepat menggunakan bayam segar atau beku yang disajikan dengan serpihan bonito dan biji wijen, dengan saus salad, soy sauce atau saus wijen, atau sama sekali tanpa saus. Salad bayam pucat ini bisa dimakan sebagai lauk, ditambahkan ke dalam campuran salad, atau untuk membuat campuran onigiri, dan merupakan sumber vitamin K, Vitamin A dan asam folat yang sangat penting untuk kesehatan tulang, kulit, dan energi.

2. Natto

Natto adalah kacang kedelai fermentasi yang lengket, yang disajikan dengan soy sauce, mustard karashi dan irisan bawang hijau. Walau natto memiliki bau menyengat dan tidak terlihat menggiurkan, tapi akan memberi efek positif pada kesehatan karena bebas kolesterol, kaya akan vitamin B (terutama B2 dan B6), vitamin E dan K, ditambah kalium, kalsium, zat besi, magnesium, protein, dan masih banyak lagi.

3. Sashimi

Sashimi adalah pilihan makanan Jepang yang jauh lebih sehat dari sushi karena memiliki sumber asam lemak omega-3 yang sehat dan kaya vitamin B6 dan B12, serta protein niasin, selenium, magnesium, dan fosfor, bergantung pada jenis ikan yang kalian pilih, misalnya salmon, cod, tuna, bass, mackerel, dan yellowtail. Tetapi jika kalian khawatir menelan merkuri dari ikan tersebut, cobalah untuk tidak mengkonsumsi sashimi lebih dari sekali atau dua kali seminggu walau keracunan merkuri di Jepang cukup rendah tapi lebih baik berhati-hati. Cobalah mengkonsumsinya dengan jahe parut, saus ponzu, atau daun shiso segar, bukan dengan kecap dan wasabi, jika kalian ingin membuat sendiri sashimi di rumah.

4. Tsukemono (acar)

Ada banyak varietas acar yang berbeda yang tersedia di Jepang tergantung pada jenis sayuran yang dibuatnya, salah satunya adalah nukazuke. Acar Jepang yang dibuat dengan memfermentasi sayuran berbeda dengan dedak padi yang mengandung vitamin B1 tinggi, dan mengandung lactobacillus, yang dikatakan membantu pencernaan dan membantu menjaga kesehatan usus. Terong, mentimun, daikon, dan kol, juga nukazuke ikan adalah varietas yang paling umum dari acar ini.

5. Hiyayakko (tahu dingin)

Hiyayakko adalah tahu dingin yang terbuat dari susu kedelai dengan topping apapun dan bisa disajikan dengan kecap, saus wijen, ponzu, mustard, daun shiso, serpihan bonito, jahe parut, wasabi, yuzu parut atau salad yuzu, umeboshi, irisan okra atau bawang hijau, atau kombinasi semuanya, juga bisa disantap dengan irisan tomat, buah zaitun dan mentimun. Makanan paling sederhana dalam daftar ini adalah sumber protein rendah kalori, dan merupakan pilihan tepat untuk bersantap di musim panas.

Source : savvytokyo.com
COMMENT