5 Jalur Kereta yang Paling Ramai Penumpang di Jepang


5 Jalur Kereta
Tokyo Metro Tozai Line (featured image: Flickr)

Kementerian Tanah, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang telah menghitung semua kursi yang tersedia di kereta, menambahkan jumlah tali pegangan yang dapat digunakan oleh penumpang. Kemudian mereka membandingkannya dengan jumlah orang yang ada di kereta selama jam sibuk, dan ternyata mereka menemukan bahwa jumlah penumpang melebihi seratus persen atau melebihi kapasitas kereta seharusnya. Kementerian ini beberapa waktu yang lalu telah merilis hasil terbaru dari studi tahunannya. Mereka juga mengumumkan jalur kereta yang memuat lebih dari 180 persen kapasitas pada saat jam sibuk.


1. Tokyo Metro Tozai Line: 199 persen

(image: mapio)

Jalur kereta yang paling ramai di seluruh Jepang sebenarnya adalah jalur kereta bawah tanah. Titik akhir untuk Tozai Line adalah Nakano dan Nishi-Funabashi, dan melewati beberapa stasiun seperti Takadanobaba dan Waseda, yang merupakan stasiun dari salah satu kampus terbesar di pusat kota dan beberapa sekolah khusus. Serta Otemachi dan Nihombashi, di mana beberapa perusahaan Jepang besar berada. Sehingga tidak aneh apabila selama jam sibuk, kereta ini menampung sekitar 2x lipat penumpang dari kapasitas seharusnya.

2. Chuo-Sobu Line: 197 persen


(image: Japan Visitor)

Jalur Chuo Sobu yang luas, menghubungkan pusat kota ke kota ke timur dan barat, yaitu Kichijoji Mitaka (tempat Museum Ghibli berada) dan Stasiun Chiba, prefektur tetangga Tokyo di bagian timur. Banyak penumpang menggunakan jalur Chuo Sobu untuk mencapai Stasiun Shinjuku, Iidabashi, Akihabara, dan Ryogoku di pusat kota.

3. Yokosuka Line: 196 persen

(image: MATCHA)

Jalur Yokosuka berhenti di tiga stasiun besar Tokyo seperti stasiun Tokyo, Shimbashi, dan Shinagawa. Di ujung lain, kereta ini berjalan melalui kota Kawasaki dan Yokohama, serta Kamakura yang bersejarah, dan kota pelabuhan Kurihama. Titik pemberhentiannya yang populer itulah, yang membuat kereta ini selalu dipenuhi penumpang.

4. Nambu Line: 189 persen

(image: Japan Rail Series)

Jalur Nambu mungkin tidak mencapai jantung kota Tokyo, tetapi jalurnya yang diagonal sepanjang tepi barat dayanya, menghubungkan Stasiun Kawasaki dan Tachikawa, dimana beberapa perumahan dengan harga terjangkau berada.

5. Tokkaido Line: 187 persen

(image: JPRail)

Jalur Tokkaido menghubungkan pusat kota Tokyo dan lingkungan tempat tinggal terjauh. Jalur ini melaju melalui beberapa pusat bisnis Jepang seperti Tokyo, Shimbashi, dan Shinagawa hingga ke Kawasaki dan Yokohama (kota terbesar kedua di Jepang) serta menuju Kanagawa barat dan Prefektur Shizuoka timur.

Ayo tertarik untuk mencoba menaiki kelima jalur kereta ini?

(featured image: Flickr)

Sources :

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
2
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
1
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~
gaemgyee

Harmony Whisperer || Lunatic Dreamer || Wishful Thinker || Part Time Traveler

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes