SHARE THIS ARTICLE

1

Kalian mungkin sering melihat bendera Jepang di kedutaan besar, kantor-kantor, maupun festival seperti Olympiade, di mana bendera Jepang sering dikibarkan di luar negaranya. Tapi apakah kalian tahu seluk-beluk bendera tersebut? Mari kita lihat beberapa fakta menarik mengenai bendera bintik merah yang terkenal ini.

  • Nama resmi dari bendera Jepang adalah “Nisshoki” (日章旗, bendera lambang matahari), tetapi kebanyakan orang memanggilnya dengan “Hinomaru” (日の丸, lingkaran matahari). Seperti yang mungkin anda sudah tebak, lingkaran merah di tengah bendera tersebut melambangkan matahari.

2

  • Penggunaan bendera tersebut pertama kali tercatat pada tahun 701, disebutkan dalam Shoku Nihongi, sebuah teks sejarah klasik mengenai Jepang, di mana disebutkan Kaisar Mommu menggunakannya sebagai bendera. Hanya saja bendera tersebut tidak dipakai secara resmi oleh pemerintah negara Jepang hingga tahun 1999 setelah penandatanganan Undang – Undang Mengenai Bendera Nasional dan Lagu Kebangsaan.

  • Dimensi dari bendera Jepang sangat spesifik diatur oleh pemerintah. Panjang dan tingginya harus memiliki perbandingan 3:2 dan lingkaran merahnya harus tepat di tengah dan mencakup 3/5 dari lebar bendera. Bingung? Mari lihat diagram dibawah ini:

3

  • Bendera Jepang tidak berwarna putih dan merah, tetapi putih dan “crimson red” (merah lembayung, -red).

▼ Terlihat janggal, bukan? Itu karena lingkarannya berwarna merah

4

▼ Dibawah ini yang merupakan warna resmi bendera Jepang, sangat cerah! 😉

5

 

  • Bendera Jepang terbesar terletak pada Kuil Izumo di Perfektur Shimane. Bendera tersebut berukuran 9 m x 13,6 m dan berkibar di ketinggian 47 meter, dan beratnya mencapai 49 kg!


Meskipun kini sudah tidak digunakan lagi karena memiliki konotasi militer dan imperialistik, bendera Rising Sun dulu digunakan sebagai bendera nasional pada tahun 1870. Sampai sekarang bendera tersebut masih sering digunakan oleh pasukan pertahanan Jepang sebagai lambang mereka, tetapi masih dianggap ofensif oleh beberapa negara yang memiliki sikap anti-Jepang, terutama Republik Rakyat Cina dan Korea Selatan.

6

Jadi, apakah kalian terkejut dengan beberapa fakta di atas?

Source : en.rocketnews24.com
COMMENT