SHARE THIS ARTICLE

Jepang memiliki berbagai macam budaya yang unik, biasanya budaya tersebut mengutamakan kecantikan dan keindahan dengan segala norma dan aturan di dalamnya. Orang Jepang seharusnya mengetahui dan dapat menerangkan budaya mereka dengan baik, namun ada beberapa budaya Jepang yang misterius bagi mereka sendiri. Berikut adalah 5 budaya Jepang yang misterius bahkan untuk orang Jepang sendiri.

  1. Geisha

Siapa yang tidak kenal Geisha? Geisha adalah penghibur wanita tradisional dan merupakan salah satu tradisi kuno dari Jepang. Mereka sering dianggap sebagai prostitusi oleh orang barat yang sebenarnya adalah salah. Geisha sendiri sebenarnya merupakan penghibur wanita yang sangat terlatih dalam seni-seni tradisional Jepang seperti bernyanyi lagu klasik Jepang, menari, ataupun berpuisi. Mereka juga memiliki fans yang sebagian besar merupakan wanita yang menyukai tradisi ini baik dari dalam maupun luar Jepang. Namun, dengan terkenalnya mereka tidak membuat tradisi ini diketahui secara rinci teori dan cara prakteknya bahkan dianggap misterius oleh orang Jepang sendiri. Hanya segelintir orang Jepang termasuk para Geisha sendiri yang mengerti dengan benar tradisi yang satu ini. Untuk melihat Geisha kalian dapat datang ke Kyoto.

  1. Mitologi Jepang

Sama seperti mitologi di negara lainnya, orang Jepang sendiri akan menemukan kesulitan saat menjelaskan mitologi mereka secara rinci. Kenapa? Karena ada berbagai macam versi saat menceritakan satu cerita legenda saja, bayangkan cerita legenda yang ada di Jepang ada berapa banyaknya. Contoh, coba kalian tanya cerita tentang Kappa kepada 5 orang Jepang yang berbeda, maka kalian akan mendapatkan 5 versi cerita Kappa yang berbeda pula.

  1. Host atau Hosuto

Host atau Hosuto dalam bahasa Jepang  adalah sebuah profesi yang dilakukan pria Jepang di sebuah klub malam seperti menggoda pelanggan, menceritakan hal-hal yang menarik, mendengarkan masalah pelanggan, dan memperlakukan pelanggan seperti tamu yang terhormat. Pelanggan yang dilayani tentu saja wanita. Cara berpenampilannya juga rapi dan unik seperti karakter dalam anime dan manga. Namun, orang Jepang sendiri menganggap budaya yang satu ini sebagai hal yang misterius.

  1. Kaiseki

Apabila kalian pergi makan bersama teman orang Jepang, coba ajak mereka makan ke restoran Kaiseki. Berbeda dengan makanan seperti sushi yang mungkin dapat mereka jelaskan dengan baik, mereka akan kebingungan saat menjelaskan makanan ini. Kaiseki sendiri adalah sebuah tradisi menyajikan makanan dengan mengutamakan keindahannya. Berbagai nama makanan dari tradisi yang satu ini mungkin asing di telinga orang Jepang sendiri seperti, Sakizuke, Hassun, Futamono, Mukozuke, Yakimono, Takiawase, Suzakana, Nakachoko, dan Mizumono. Dunia kuliner yang rumit dari Jepang.

  1. Otaku

budaya Jepang

Siapa yang mengaku dirinya sebagai otaku? Otaku diartikan sebagai orang-orang yang menggemari sesuatu secara berlebihan yang dianggap aneh oleh orang lainnya. Budaya ini sering disalahpahami baik secara internasional maupun di Jepang sendiri. Orang-orang di dunia memandang budaya ini sebagai salah satu budaya yang normal di Jepang termasuk orang Indonesia. Namun orang Jepang sendiri menganggap otaku sebagai kumpulan orang yang aneh dan bahkan dipandang sebagai hal yang negatif. Masih banyak orang Jepang yang tidak mengenal budaya otaku secara rinci.

Begitulah 5 aspek budaya Jepang yang masih dianggap misterius bahkan oleh orang Jepang sendiri. Apakah kalian mengenal benar budaya di atas?

Source : japan-talk.com
COMMENT