SHARE THIS ARTICLE

Apa itu Kimono dan Yukata?

Kimono merupakan pakaian tradisional Jepang yang biasa dipakai untuk perayaan-perayaan tertentu dan biasanya terdiri dari berbagai lapisan dan juga hiasan. Bahan pembuatan kimono berasal dari katun dan wol, atau serat buatan yang dibuat dengan cara ditenun.

Sementara Yukata adalah salah satu jenis kimono yang biasanya hanya dipakai saat musim panas. Berbeda dengan kimono yang terbuat dari bahan yang lebih tebal, yukata dibuat dengan bahan kain katun tipis, itulah mengapa pakaian ini digunakan saat musim panas. Di masa lalu, orang-orang sudah memakainya sebagai pakaian yang dipakai setelah selesai berendam air panas, angin yang menembus lewat celah-celah serat kain membuat para pemakainya menjadi sejuk.

Apasih yang membedakan keduanya?

1. Kimono dipakai menggunakan kaus pelapis di dalamnya, sementara yukata tidak

kimono-akinai.com: Yukata (kiri) & Kimono (kanan)

Yukata dikenakan tanpa kaus karena sebagian besar orang memakainya setelah keluar dari kamar mandi, dan pergi ke tempat tidur.

2. Orang-orang memakai kimono di semua musim, tapi yukata hanya dipakai saat musim panas

backpackers.com.tw

Kimono dipakai di semua musim karena memiliki bahan yang tebal. Tetapi yukata tidak bisa dipakai sepanjang tahun, karena terbuat dari lapisan yang tipis tidak cocok dipakai saat musim dingin.

3. Kimono lebih mahal dari Yukata

Kimono terbuat dari wol yang memiliki harga lebih mahal dibandingkan dengan bahan kapas yang digunakan untuk membuat yukata.

4. Yukata digunakan sebagai pakaian sehari-hari, Kimono adalah kain tradisional dan formal

ommki.com

Ada tata cara khusus memakai kimono, karena itulah pakaian ini hanya dipakai saat perayaan tradisional Jepang seperti upacara pernikahan, upacara kedewasaan dan lain-lain. Sementara itu, masyarakat Jepang memakai yukata hanya untuk festival musim panas.

Source : wasa-bi.com
COMMENT