SHARE THIS ARTICLE

Film Transformers menginspirasi ilmuwan Jepang untuk membuat robot dengan kemampuan yang sama dengan ‘Optimus Prime‘. Kini mereka selangkah lebih dekat dengan membuat pasukan ‘Autobots‘ mereka sendiri.

robot-transformer-jepang (1)
Robot Transformers Jepang. © Getty Images

J-deite quarter, itulah nama robot Transformers pertama buatan Jepang yang dapat berubah menjadi mobil yang bisa melaju hingga kecepatan 10 kilometer per jam. Saat berada dalam bentuk robot ‘manusia’, J-deite quarter dapat berjalan di kecepatan 1 kilometer per jam.

Robot Transformers yang masih dalam tahap purwarupa ini akan menjadi cikal bakal robot Transformers raksasa dengan tinggi 5 meter atau hampir mencapai rumah dua lantai, mirip seperti yang ada di film aslinya. Perusahaan pengembang robot yang membuat J-deite quarter, Asratec dan Brave Robotics, sedianya akan selesai membuat versi akhir robot ini di tahun 2020, Daily Mail (23/10).

Robot humanoid tersebut resmi diperkenalkan hari ini di acara Digital Content Expo di Tokyo hari ini (23/10). Dalam demonstrasi yang dilakukan oleh dua perusahaan robot itu, J-deite quarter terlihat mampu berubah dari bentuk robot ke mobil dalam hitungan detik! Proses perubahannya menuju bentuk mobil dimulai dari tangan, kepala, lalu kaki.

robot-transformer-jepang (2)

Sang pencipta dari J-deite quarter, Wataru Yoshizaki, memasangkan piranti lunak khusus buatannya yang bernama ‘V-Sido OS’ untuk membuat robot ini bisa dikontrol oleh siapa pun. Jadi tidak usah khawatir, karena robot ini belum bisa berpikir sendiri layaknya manusia.

J-deite quarter juga diklaim sebagai robot pertama di dunia dengan bentuk dan sistem kerja yang mirip dengan Transformers asli. Sebelumnya, para ilmuwan Universitas Harvard lebih dulu membuat sebuah robot Transformers tetapi bentuknya sangat sederhana dan hanya terinspirasi dari bentuk-bentuk origami saja.

Untuk melihat lebih jelas transformasi robot tersebut, simak video berikut ini.

Sources :
COMMENT