SHARE THIS ARTICLE

Jepang memiliki banyak sekali topeng yang sudah menjadi identitas negara tersebut. Ada yang menggunakannya untuk keperluan upacara tradisional, atau untuk keperluan medis, atau sekedar untuk privasi. Berikut adalah 14 topeng unik dari negeri sakura baik topeng modern maupun topeng tradisional yang tercatat dalam sejarah.

1. Topeng Samurai

Samurai-1860s-567

Dirancang untuk melindungi wajah saat bertempur dan memberikan teror untuk musuh-musuhnya, topeng ini didesain secara khusus tergantung dari kepribadian dari tiap samurai yang memakainya.

2. Topeng Kendo

kendo-girls-4391-142

Topeng yang menjadi komponen dari baju pelindung olahraga kendo yang bernama Men ini digunakan oleh para praktisi kendo dalam bertarung.

3. Topeng Festival

Japanese-Mask-4391-428

Kita dapat menemukan topeng yang terbuat dari bahan plastik yang berupa wajah dari berbagai karakter kartun atau anime populer dan mahluk dalam mitos. Di manapun diadakan festival di Jepang, topeng-topeng ini akan ada dan dijual di dalamnya.

4. Hyotokko

Japanese-Mask-4391-3593

Hyotokko adalah mahluk mitos pembawa keberuntungan dengan wajah yang lucu yang digambarkan oleh sebuah topeng.

5. Okame

Japanese-Mask-4391-3152

Versi wanita dari Hyotokko. Okame dianggap membawa keberuntungan dan topeng Okame dalam ukuran besar banyak sekali dipamerkan di festival Jepang karena alasan tersebut.

6. Oni

j-4391-16

Oni adalah sosok iblis asli dari Jepang yang memiliki wajah yang menakutkan. Di Jepang ada suatu festival di mana orang tua memakai topeng oni untuk menakuti anak-anak dan sebagai balasannya anak-anak melemparkan kacang untuk mengusirnya.

7. Hannya

Japanese-Mask-4391-4358

Hannya adalah iblis wanita yang sangat mirip dengan oni memiliki tanduk. Topeng ini biasa digunakan di teater Noh, topeng ini melambangkan ketakutan yang luar biasa dan kecemburuan.

8. Topeng Noh

Japanese-Mask-4391-2214

Noh sendiri sebenarnya adalah pertunjukan musik tradisional Jepang. Topeng ini pada awalnya digunakan para pemeran untuk menggambarkan tokoh wanita di pertunjukan tersebut, karena menurut sejarah seluruh pemeran pertunjukan Noh adalah pria.

9. Ultraman

ultraman-and-some-bunny-4391-118

Pada tahun 1970-an, cerita mengenai pahlawan dan penjahat yang menggunakan topeng menjadi tren di televisi Jepang.

10. Animegao

Mask-Japan-4391-2498

Animegao adalah topeng yang didesain menyerupai karakter dari anime dan manga yang namanya secara literal berarti “wajah anime.”

11. Visual Kei

Mask-Tokyo-4391-380

Visual kei adalah salah satu genre musik di Jepang yang beberapa artisnya yang cukup populer mengenakan topeng untuk penampilan panggung mereka.

12. Topeng Kappa

Mask-Japan-4391-172

Kappa adalah jenis monster sungai dari Jepang yang sangat senang menantang manusia untuk melakukan pertandingan sumo dengan dirinya.

13. Kitsune

kitsune-masks-4391-11

Kitsune adalah bahasa Jepang untuk rubah, dipercaya sebagai pembawa pesan dari dewi Inari. Dalam kepercayaan Jepang terkadang para dewa tampil di hadapan manusia dalam wujud rubah.

14. Tengu

tengu-and-the-night-1516-2925

Tengu adalah mahluk mitos dari Jepang, mahluk ini sering menimbulkan masalah dan membawa sial, namun pandangan terhadap mereka saat ini telah berubah dan Tengu sekarang dipercaya dan dihormati sebagai pelindung dari gunung dan hutan yang dianggap suci.

Wow, ternyata banyak sekali ya macam-macam topeng unik di sana. Nah, dari 14 topeng unik di atas mana menurut kalian yang paling keren?

Source : japan-talk.com
COMMENT