SHARE THIS ARTICLE

5d japanese-room

Satu kata merangkum semuanya: Zen. Suasana damai yang sederhana dari kebudayaan Jepang. Arsitektur dan interior Jepang terlihat sangat khas dengan karakternya yang bersih, memegang prinsip keseimbangan, keteraturan, adat, dan keindahan alami. Pertanyaannya, bisakah kita menggunakannya untuk menciptakan kedamaian dan harmoni di rumah kita? Mari simak 10 cara untuk mengadopsi gaya Jepang ke rumah Anda.

5a asian-modern-bedroom

1) Tambahkan Elemen Alam

Cara terbaik untuk menciptakan hubungan yang kuat dengan alam ialah: bawa suasana alam ke dalam rumah! Coba tambahkan tanaman tradisional Jepang seperti bonsai dan bambu ke rumah Anda. Tambahkan tanaman-tanaman lain pula. Anda bisa mencoba palem atau anggrek. Tidak biasa bagi rumah Jepang untuk meletakkan bunga-bunga berwarna-warni, jadi, apapun tanaman yang Anda pilih, pilihlah yang sederhana, alami, dan hijau. Rumah Jepang juga memiliki jendela yang besar yang dapat memasukkan pemandangan alam dari segala sisi. Seperti kamar tidur di bawah ini, memiliki pintu kaca geser yang menciptakan view alami.

5b bedroom1

2) Bak Mandi untuk Berendam: Penting!

Suara alami dari buih air bisa membuat telinga Anda bermeditasi dan menciptakan efek menenangkan. Seperti tanaman, elemen air sangat penting pada rumah Jepang. Ofuro, yang artinya mandi dalam Bahasa Jepang, adalah tradisi yang bisa Anda terapkan di rumah. Bak mandi di Jepang yang kecil namun dalam dan biasanya memiliki kursi untuk duduk. Cara ini adalah perpaduan Timur dan Barat dan menciptakan suasana spa di rumah Anda.

5c wood-modern-bathroom

3) Pintu atau Screen Geser

Screen asli Jepang disebut Shoji. Shoji adalah elemen desain yang penting pada rumah Jepang. Karena harga rumah yang mahal, rumah Jepang cenderung kecil dan banyak penduduk yang menyewa apartemen, jadi, melestarikan setiap inci persedi pada ruang adalah penting. Tak seperti pintu, Shoji bergeser sehingga menghemat ruang. Screen ini biasanya dibuat dari kertas transparan pada kusen kayu. Namun, versi modern dari screen ini sudah bisa ditemukan online dan biasanya dibuat dari panel kaca di dalam grid kayu. Tak seperti pintu biasa, screen ini tidak menghalangi cahaya alami dan pemandangan. Coba ganti pintu Anda dengan panel pintu kaca geser.

5d japanese-room

4) Elemen Kayu dan Bambu

Salah satu cara untuk menciptakan harmoni dengan alam adalah menambahkan elemen kayu pada rumah. Kebudayaan Jepang sangat terkenal dengan menggunakan kayu pada rumah. Dinding, pintu, screen grids dan kusen dibuat dari kayu alam. Kayu yang biasa digunakan di Barat ialah maple, cypress, hemlock, dan red pine. Bambu juga dapat digunakan sebagai elemen dekoratif. Tekstur kayu juga dapat dilihat di berbagai bagian pada rumah Jepang. Coba bawa elemen kayu Jepang ke rumah Anda dengan menambahkan lantai bambu atau screen kayu.

5e modern-tv-room

5) Pintu Masuk

Pintu masuk ini di Jepang disebut genkan. Ini adalah area untuk menyambut tamu dan meletakkan sepatu lalu menggantinya dengan sandal. Pintu masuk memiliki rak atau cabinet yang disebut getabako untuk menyimpan sepatu. Coba perhatikan, pintu masuk ini didesain dengan sederhana, dengan elemen kayu, dan pencahayaan alami. Lantai batu juga sangat populer, khusunya pada pintu masuk. Coba tiru kebersihan pintu masuk rumah Jepang.

5f modern-entryway

6) Furnitur Gaya Jepang

Rumah Jepang menggunakan furnitur untuk kegunaan tertentu seperti ruang duduk/ruang TV, yang masih dapat kita tiru. Furnitur Jepang, kebanyakan berada di level lantai.

5g living-room2

7) Prinsip Desain Jepang: Minimalis

Prinsip desain Jepang adalah bersih dan minimalis. Bagaimana cara mendapatkan desain yang estetis namun masih memiliki banyak furnitur? Triknya adalah buat desain sederhana dan rapi. Furnitur seharusnya modern, rapi, dan terbuat dari kayu alami. Pencahayaan bersudut dan modern. Atau Anda dapat meniru gaya lentera Jepang. Semua harus punya kegunaan dan tempat. Coba pelajari Feng Shui untuk desain interior yang minimalis.

5h contemporary-white-kitchen5i japanese-tea-room

8) Ruang Luar dan Pencahayaan Alami adalah Kuncinya

Pencahayaan alami memenuhi rumah-rumah Jepang, membawa pemandangan yang tenang dan warna-warna alam. Bagaimana cara menerangi rumah? Jendela dan ventilasi lebar seperti skylight, adalah cara yang baik untuk memasukkan cahaya di rumah Anda. Tirai yang berat tidak disarankan. Coba buat jendela tanpa penghalang apapun. Namun, Anda bisa membuat kisi-kisi bambu. Pencahayaan alami, adalah cara yang tepat untuk menerangi rumah Anda.

5j sitting-room-den

9) Warna-Warna Alam

Rumah Jepang mengadopsi warna-warna alam sederhana. Warna yang mendominasi adalah warna kayu dan tanaman. Lantai kayu atau abu-abu, dan dinding digantikan oleh screen yang dibungkus kertas transparan. Hasilnya, palet warna yang sangat netral. Jangan lupa letakkan tanaman-tanaman. Kesederhanaan adalah kunci dari memilih palet warna. Lihat ke luar rumah, warna alam apa yang dapat Anda masukkan ke rumah Anda.

5k modern-bathroom

10) Buat Ruang Meditasi

Mari membuat ruang yang tenang untuk bermeditasi, minum teh, atau melakukan yoga. Cari tempat tenang di rumah Anda dan jangan lupa tambahkan elemen alam, supaya menyembunyikan kebisingan yang mengganggu. Cat rumah Anda dengan warna hijau atau coklat, tambahkan tanaman, mainkan musik menenangkan dan ya, Anda telah memiliki ruang Zen.

Untuk meniru gaya Jepang pada rumah Anda, tiru kebersihan, kesederhanaan, dan desain yang minimalis pada ruang di rumah Anda. Tambahkan elemen alam, tanaman, pencahayaan alami, furnitur modern, elemen air, bak mandi yagn dalam, bantal lantai, pintu atau screen geser, sebuah ruangan untuk bermeditasi, dan warna-warna alam. Semua elemen-elemen ini akan membuat rumah Anda kental nuansa Jepang yang mencerminkan kebudayaan dan kecintaannya terhadap alam.

5l bedroom-patio

Bagaimana? Apakah Anda sudah tidak sabar membuat rumah Anda bergaya Jepang? Elemen apa yang ingin Anda tambahkan untuk meniru gaya Jepang ini?

Source : rooang
COMMENT