SHARE THIS ARTICLE

Korokke merupakan versi Jepang untuk makanan Prancis bernama croquette (atau kroket). Kuliner ini populer sebagai snack, namun bisa juga disantap sebagai pelengkap untuk menu lain seperti kare dan soba. Korokke enak dimakan selagi panas, dan secara mengejutkan, ternyata cukup mudah dibuat oleh pemula sekalipun. Berikut salah satu contoh resep potato korokke sederhana yang dilansir dari NHK. Setelah mahir, kalian bisa menambahkan bahan-bahan lain yang kalian inginkan mulai dari udang, tahu, seafood, dan lain-lain.

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)
・3-4 kentang (kira-kira 500 gram)
・½ bawang bombay (kira-kira 120 gram)
・1 sendok teh minyak sayur untuk menggoreng bawang bombay (5 mililiter)
・Garam dan merica untuk perasa
・Minyak sayur untuk menggoreng kroket kentang

Untuk melapisi kulitnya
・Tepung terigu secukupnya
・1 butir telur
・1 sendok makan air (15 mililiter)
・Kira-kira 1 gelas tepung panir

Cara Memasak
1. Kupas dan potong-potong kentang berbentuk dadu berukuran 3 sentimeter. Kemudian rebus di atas api kecil selama 15-20 menit sampai empuk.
2. Cincang halus bawang bombay lalu goreng dengan 1 sendok teh minyak sampai sedikit berubah warna. Bumbui dengan garam dan merica.
3. Tiriskan kentang dan haluskan di dalam mangkuk. Beri garam dan merica, lalu masukkan bawang bombay yang sudah digoreng tadi. Aduk rata.
4. Bagi adonan menjadi 8 porsi selagi masih agak panas. Masing-masing bagian adonan lalu dibentuk lonjong pipih dengan ketebalan kira-kira 1 sentimeter. Lumurkan pada tepung terigu, telur kocok yang telah ditambah air kemudian tepung panir.
5. Panaskan minyak hingga kira-kira 175°Celsius dan goreng selama sekitar 1 menit.

Source : nhk.or.jp
COMMENT