SHARE THIS ARTICLE

Hananuma Masakichi adalah salah satu seniman yang luar biasa. Pematung asal Jepang ini telah menciptakan patung terbuat dari kayu yang hampir 100% persis seperti tampilan dirinya. Yang lebih mencengangkan lagi, patung tersebut dibuat lebih dari satu abad yang lalu.

image: odditycentral.com
image: odditycentral.com

Seperti yang dilansir odditycentral, karya seninya itu selesai dibuat pada tahun 1885. Masakichi membuatnya saat ia didiagnosis mengidap penyakit tuberkulosis. Ia percaya bahwa ia akan segera mati, dan setelah itu ia memutukan untuk membuat sebuah patung dirinya sendiri sebagai hadiah kepada wanita yang dicintainya.

Patung tersebut nampak begitu hidup, bahkan saking realistisnya, karya seninya itu telah membingungkan banyak orang, seniman, dan para ilmuwan masa kini.

image: odditycentral.com
image: odditycentral.com

Masakichi membuat bagian tubuhnya secara terpisah menggunakan potongan kayu, dan untuk memproyeksikan dirinya, ia menggunakan sebuah cermin. Uniknya, selama proses pembuatan, kayu-kayu itu disusun tanpa menggunakan paku. Untuk menyambungkannya ia menggunakan sendi rakitan, lem, dan penjepit kayu.

Susunan kayu tersebut bergabung begitu sempurna, sehingga tak nampak adanya sambungan atau lapisan, bahkan dengan kaca pembesar sekalipun. Tingkat detailnya pun luar biasa, ia berhasil mencerminkan tendon, bola mata, otot, urat, tulang, kerutan, hingga pori-pori yang persis seperti tubuhnya.

image: uniknya.com
image: uniknya.com

Untuk mencocokkan warna kulit, Masakichi mengecat dan mempernis patung tersebut. Tak hanya itu, agar patung replikanya sempurna, Ia menempelkan kuku, bulu alis, dan rambut dirinya. Bahkan ia juga membuat lubang kecil untuk setiap pori-pori, kemudian ia mencabuti bulu rambut dari pori-pori di tubuhnya dan menempelkannya pada tempat yang sama dipatung.

Kini, patung Masakichi diakuisisi oleh Robert Ripley dan patung tersebut menjadi pameran favoritnya. Namun sayang, patung itu sempat rusak parah saat terjadi gempa di Northridge California pada tahun 1996 yang lalu.

Sources :
COMMENT