SHARE THIS ARTICLE

Kemajuan teknologi memang luar biasa akhir-akhir ini. Alat mikroskop mungkin akan hilang tak terpakai lagi. Menggunakan ponsel kita, misalnya iPhone, sudah bisa berubah fungsi menjadi mikroskop. Hanya membeli filter lensa mikroskop untuk ponsel yang berharga 3.780 yen dengan nama Leye, ponsel menjadi mikroskop, bisa melihat 100 kali lebih besar, sehingga bakteri pun bisa kelihatan bergerak.

leye

Lensa Leye ini dijual sejak akhir April, selama dua minggu sudah laku terjual sedikitnya 1.000 lensa. Dijual dan mudah didapatkan di berbagai toko umum di Jepang. Lensa ini hasil pengembangan spesialis mikroskop Profesor Kuniaki Nagayama (68) dari Lembaga Nasional Ilmu Pengetahuan Alam Institut Nasional Ilmu Pengetahuan Fisiologis di Okazaki, Perfektur Aichi.

Nagayama beserta seorang rekannya berhasil mengembangkan lensa semacam akrilik ini dengan panjang plat akrilik 2 cm, lebar 6,5 cm, tebal 3 mm, lensa bola kaca dari 3 mm (lensa bulat) tertanam di dalam lempengan akrilik.

Mikroskop Leeuwenhoek diakui dan dipakai Nagayama, plus kata Eye sehingga dinamakan Leye. Saat ini lensa itu baru bisa untuk dipakai bersama iPhone.

Senang sekali saya dapat memperkenalkan lensa ini. Bermain dengan ponsel dan mikroskop penemuan Leeuwenhoek sejak 350 tahun lalu, kini sebenarnya kita bisa memulai dunia mikroskop baru. Cobalah kita sebarluaskan budaya mikroskop baru ini,” paparnya kepada pers, Selasa (27/5/2014).

Sources :
COMMENT