SHARE THIS ARTICLE

Wow! Department store di Tokyo menyewa android bernama Aiko Chihira sebagai pemandu!Sepertinya bayangan akan masa depan di mana robot-robot akan menggantikan manusia akan menjadi kenyataan dalam beberapa tahun mendatang, yang telah dimulai dari saat ini. Contohnya adalah kabar yang satu ini, di mana department store Mitsukoshi yang mewah di Nihonbashi, Tokyo, menyewa android sebagai pemandu untuk para pengunjungnya.

Dilansir dari japantrends.com, android buatan Toshiba bernama Aiko Chihira ini jelas bukan manusia dan tentu saja bukan orang Jepang, tapi dia dapat berbicara dalam bahasa Jepang dan memakai kimono untuk menyambut para pelanggan dan menyampaikan informasi. Namun, tidak seperti robot humanoid Nao yang lebih interaktif, yang saat ini melayani para nasabah bank Mitsubishi UFJ, atau Pepper, droid ramah yang menyambut para pengunjung ke toko-toko Softbank, Aiko tidak dapat berbicara atau menjawab pertanyaan.

Aiko diprogram dengan ekspresi wajah yang mirip manusia misalnya berkedip, membungkuk, menggerakkan mulut dan bibirnya. Dia juga dapat menawarkan panduan suara ke para pelanggan seperti memberitahu kalian tentang tata letak atau acara yang ada di department store tersebut. Dia bahkan dapat berkomunikasi dalam bahasa isyarat. Aiko digambarkan oleh Toshiba sebagai “tipe yang tenang” yang “senang membantu orang-orang”.

Sayangnya, Aiko hanya akan “bekerja” sementara waktu pada tanggal 20 April dan 21 April di lantai dasar department store Mitsukoshi.

Source : japantrends.com
COMMENT