SHARE THIS ARTICLE

maid-cafe-02

Maid Cafe (メイドカフェ) yang merupakan subcategory dari cosplay restaurant adalah kafe yang berasal dari distrik Akihabara, Jepang. Kafe ini mulai menjamur di awal tahun 2000 dan sekarang sudah tersebar luas ke daerah Shinjuku dan Osaka. Maid cafe, seperti namanya, merupakan kafe di mana para pelayannya adalah wanita yang mengenakan seragam maid.

Sedikit berbeda dengan kafe biasa yang pelayannya hanya mencatat pesanan dan mengantarkannya, maka pada maid cafe, pelayannya memperlakukan pengunjung selayaknya seorang tuan rumah yang baru saja pulang. Hidangan yang dijual di sini beragam, seperti cake, es krim, atau spaghetti, sedangkan minumannya adalah teh, kopi, atau cola.

Pelayanan di Maid Cafe tidak seperti pelayanan di kafe-kafe biasa. Normalnya, jika seseorang datang ke cafe biasa ia akan disambut dengan kalimat “Irasshaimase / Okaerinasaimase” (Selamat datang), tapi di Maid Cafe mereka akan disambut dengan “Irasshaimase / Okaerinasaimase, Goshuujin-sama” (Selamat datang, Goshuujin-sama), Goshuujin-sama dapat berarti Tuan atau Master. Sedangkan ketika pengunjung akan meninggalkan Cafe, para Maid akan mengucapkan “Itterasshaimase, Goshuujin-sama” yang artinya “Selamat jalan, Goshuujin-sama” yang mengandung arti bahwa Maid berharap pengunjung itu suatu sat akan kembali lagi ke Cafe itu.

koshinko-maid-cafe08

Satu hal lagi,  para pengunjung dilarang untuk melakukan kontak fisik dengan para maid, mengambil gambar atau merekam video dan menanyakan kontak pribadi para maid-nya. Ketika melihat maid yang menawarkan kafenya itu pasti kawaii banget kan? namun ada pula kebalikan dari maid cafe, Butler cafe adalah kafe yang pelayannya adalah laki-laki, meskipun dengan konsep yang diusung hampir sama.

koshinko-maid-cafe09

Di Indonesia sendiri, terdapat Koshinko yang merupakan salah satu Kompetisi Cosplay yang menggunakan sistem Maid Cafe. Konsep ini sungguh unik karena menggabungkan Kompetisi Cosplay dan Maid Cafe, dimana pelanggan bisa memberikan vote untuk Maid yang memberikan pelayanan kepada mereka, sehingga pemenang kompetisi memang ditentukan oleh vote pelanggan itu sendiri. Penasaran Bagaimana konsep Koshinko Maid Cafe? Simak video dibawah ini!

(Photo : Qinthara Arief / Video Editor : Tira Arafa)
Special thanks to : www.koshinko.com

Source : Referensi
COMMENT