Berita Jepang | Japanesestation.com

Fenomena unik terjadi dalam dunia cosplay di Jepang. Jika umumnya masyarakat biasa tampil dalam sebuah event cosplay, kali ini seorang pejabat publik tampak tak mau kalah!

Menjelang World Cosplay Summit 2024, Gubernur Prefektur Aichi, Hideaki Omura menghadiri acara tersebut pada Hari Selasa (30/7) sambil mengenakan kostum karakter utama dari manga Dr. Slump.

Melansir Mainichi Shimbun, Omura menyapa para cosplayer dengan sapaan khas Arale, “N'cha!” (halo), sambil mengangkat tangan kanannya. Dia mengatakan kepada mereka untuk menikmati Aichi dan Nagoya. "Ketika Anda kembali ke negara asal Anda, tolong sebarkan budaya dan pesona Jepang di sana,” ujarnya. Ia juga menambahkan, “Tolong tunjukkan penampilan yang luar biasa” dalam acara tersebut.

 Hideaki Omura dalam World Cosplay Summit
Hideaki Omura bercosplay sebagai Arale Norimaki dari manga Dr. Slump (Mainichi/Motoyori Arakawa)

Dengan tangan terbentang seperti sayap pesawat, ia tampil di hadapan 16 cosplayer dari delapan negara yang berpakaian sebagai Naruto Uzumaki dari manga Naruto, Ponyo dari film animasi Ponyo, Oscar dari manga The Rose of Versailles, dan karakter lainnya.

Gubernur Aichi tersebut berpakaian seperti Arale Norimaki dari Dr. Slump, salah satu manga terpopuler yang diciptakan oleh Akira Toriyama, yang meninggal dunia pada musim semi ini.

World Cosplay Summit yang merupakan edisi ke-22 ini akan diselenggarakan pada tanggal 2-4 Agustus di Nagoya. Acara utamanya adalah Kejuaraan Cosplay Dunia pada tanggal 3 Agustus di Aichi Arts Center di Distrik Higashi, Nagoya, di mana sebanyak 72 peserta dari 36 negara dan wilayah akan berkompetisi melalui pertunjukan.

Hideaki Omura dalam World Cosplay Summit 2023
Menjelang World Cosplay Summit 2023, Hideaki Omura tampak mengenakan kostum Inuyasha (NHK)

Uniknya tahun bukan pertama kali baginya hadir dalam pra-event World Cosplay Summit. Pada 2023 lalu Omura memberi sambutan kepada para cosplayer sambil mengenakan kostum Inuyasha.