SHARE THIS ARTICLE

Tori-tsukune nabe, bakso ayam dalam cawan panas khas Jepang (1)Donabe (panci keramik) yang dangkal dan tebal merupakan bagian tak terpisahkan dari sajian panas gaya Jepang. Pot-pot ini menjaga suhu panas, dan dapat menjaga makanan tetap hangat untuk cukup lama setelah makanan diangkat dari kompor. Tampilannya yang menyenangkan membuatnya pantas diletakkan di atas meja. Panci-panci ini bisa digunakan di dapur dan di meja makan, sehingga menghemat waktu persiapan masakan dan pencucian perabotan makan.

Namun kekurangannya adalah panci ini bisa retak atau pecah kalau dipanaskan atau didinginkan terlalu cepat. Tapi masalah ini secara umum bisa dikurangi dengan menggunakan mineral “petalite” yang banyak didapat dari Zimbabwe di Afrika dan Brasil di Amerika Selatan. Panci yang dicampur bahan Petalite ini pertama digunakan tahun 1950-an. Kebanyakan panci keramik yang dijual di Jepang mengandung bahan ini. Material yang didapat dari luar negeri ini berperan penting dalam hidangan Jepang.

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

Tori-tsukune nabe, bakso ayam dalam cawan panas khas Jepang (4)・300 g ayam cincang
・1 ruas jahe (panjang sekitar 3 cm)
・1 sendok makan tepung terigu
・1/3 sendok teh garam
・Lada
・2 sendok makan air

Tori-tsukune nabe, bakso ayam dalam cawan panas khas Jepang (2)・400 g kubis hakusai (juga dikenal sebagai kubis napa atau kubis Cina)
・150 g daikon atau lobak putih besar
・80 g wortel

(Untuk kaldunya)
・8 cangkir (1.6 liter) air
・1 sendok makan kecap asin
・1 sendok teh garam

Cara Memasak

1. Masukkan ayam cincang ke dalam cawan dan taburi dengan 1/3 sendok teh garam dan sedikit lada. Aduk rata menggunakan tangan hingga menjadi lengket. Parut jahe dan peras sarinya. Tambahkan sari jahe dan 1 sendok makan air, aduk merata. Campurannya harus lunak dulu sebelum ditambahkan 1 sendok makan air. Terakhir, masukkan 1 sendok makan tepung terigu dan aduk rata.

2. Potong bagian dasar kubis dan kupas setiap helai daunnya. Potong daun-daunnya menjadi 2 bagian, pisahkan daun-daun yang berwarna agak putih dan lebih keras dengan daun yang kehijauan yang lebih lunak. Potong-potong daun yang berwarna agak putih menjadi potongan-potongan sepanjang 8 cm dan lebar 1 cm, dan potong daun yang kehijauan menjadi potongan sepanjang 8 cm dan lebar 2 cm. Kupas lobak daikon dan potong menjadi bulatan-bulatan setebal 5 cm. Potong memanjang menjadi potongan-potongan selebar 1 cm lalu iris menjadi potongan setebal 2 mm. Potong wortel menjadi ukuran sama dengan lobak namun lebih tipis.

Tori-tsukune nabe, bakso ayam dalam cawan panas khas Jepang (3)3. Didihkan 1,6 liter air dalam panci panas lebar & dangkal yang terbuat dari keramik. Jika panci keramik tidak tersedia, gunakan panci dari bahan lain. Gunakan sendok yang sudah dibasahi untuk menyendok campuran ayam cincang dan membentuknya menjadi bakso, lalu masukkan bakso ke dalam air mendidih. Jaga air tetap mendidih sambil memasukkan bakso. Kemudian biarkan mendidih selama 5 menit dengan api kecil.

4. Masukkan 1 sendok makan kecap asin dan 1 sendok teh garam ke dalam panci. Lalu masukkan daun kubis yang agak putih dan wortel, rebus dengan api kecil selama 4-5 menit. Saat lobak jadi bening dan lunak, masukkan kubis yang kehijauan. Didihkan air. Sajikan panas-panas. Sajikan hidangan ke dalam cawan-cawan kecil dengan kuahnya.

Source : www3.nhk.or.jp
COMMENT