SHARE THIS ARTICLE
Telur rasa jeruk di Jepang (Foto:Rocketnews24)
Telur rasa jeruk di Jepang (Foto:Rocketnews24)

Di Jepang, varian telur ayam tidak hanya terbatas telur omega 3 dan telur ayam organik saja. Tapi, ada juga telur ayam yang memiliki rasa dan aroma seperti buah jeruk.

Telur ayam adalah makanan serbaguna yang mudah dijumpai dan harganya juga terjangkau. Selain rasanya yang lezat, telur juga punya kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Umumnya, varian telur yang ada hanya sebatas telur omega 3 dan telur ayam organik saja. Tapi di Jepang, tersedia telur ayam yang punya aroma dan rasa seperti yuzu, yaitu buah jeruk paling lezat di Negeri Sakura.

Telur ini diberi nama yuzu tama, dalam bahasa Jepang berarti yuzu tamago atau telur jeruk. Mungkin terdengar aneh dan sulit dipercaya. Banyak orang beranggapan bahwa telur ini disemprot dengan aroma jeruk yuzu. Padahal, yuzu tama benar-benar tercipta secara alami tanpa campuran bahan kimia tertentu.

Rahasianya, yuzu tama merupakan telur yang dihasilkan oleh induk ayam yang diberi pakan tertentu. Sehingga telurnya bisa beraroma jeruk seperti ini.

Seperti di Kochi, sebelah barat daya di Pulau Shikoku, Jepang. Selain terkenal dengan kebun yuzu-nya, di tempat ini juga terdapat peternakan ayam bernama yamasaki farms. Pemiliknya mencampurkan pakan ayam yang mengandung kulit yuzu. Hasilnya, kulit jeruk yuzu ini menanamkan aroma, serta rasa di setiap telur yang dihasilkan. Kendati demikian, dari segi warna telurnya tidak memiliki perbedaan dengan telur lain. Namun yang membedakan hanya aromanya saja. Ketika dicium dari jarak dekat, aroma jeruknya akan menggoda indera penciuman.

Satu paketnya yang berisi enam butir telur dibanderol seharga 494 yen atau sekira Rp53 ribu. Harga tersebut terbilang cukup mahal, tapi beberapa warga Jepang tidak keberatan. Pasalnya dengan harga tersebut, sudah bisa merasakan kelezatan telur rasa jeruk yuzu.

Ini satu-satunya telur di dunia dengan rasa jeruk,” kata salah satu warga, sebagaimana dilansir Rocketnews24, Selasa (24/2/2015).

Source : lifestyle.okezone.com
COMMENT