SHARE THIS ARTICLE
Sushi dan Sashimi Beku Tidak Mengubah Rasa
Makanan khas Jepang (Foto:Thedailymeal)

Salah satu alasan orang gemar menyantap sushi dan sashimi, adalah karena menggunakan ikan yang masih segar. Tapi, bagaimana kalau keduanya harus dibekukan terlebih dahulu sebelum disantap, apakah rasanya masih akan nikmat?

Warga New York, khususnya yang doyan makan makanan khas Jepang tersebut sedang khawatir. Pasalnya, ada proposal dari kementerian kesehatan setempat yang isinya mengharuskan kedua jenis makanan tersebut dibekukan sebelum disantap. Alasannya, agar bakteri berbahaya yang ada dalam ikan mentah mati. Sushi lovers khawatir, tuna gulung renyah akan hambar dan kehilangan kesegarannya, jika harus dibekukan terlebih dulu.

Namun, itu terbantahkan. Sebuah penelitian menunjukkan, sushi dan sashimi beku tidak akan kehilangan rasanya yang nikmat. Bahkan, kedua makanan itu justru memiliki rasa yang lebih nikmat setelah dibekukan.

Penelitian dilakukan oleh Kobe University Graduate School of Medicine di Jepang, dengan melibatkan 40 peneliti dan mahasiswa kedokteran. Peserta penelitian disuguhkan ikan makarel dan cumi-cumi, dalam kondisi beku dan segar. Sebagian besar peserta mengatakan, makarel beku memiliki rasa yang lebih baik, sementara sebanyak 42 persen mengatakan makarel segar lebih enak. Sedangkan untuk cumi-cumi, peserta sepakat bahwa cumi-cumi yang tidak dibekukan lebih enak. Sementara sebanyak 17 persen mengaku, baik dibekukan atau tidak, cumi-cumi memiliki rasa yang sama.

Daging ikan mentah yang dibekukan tidak memengaruhi rasa dari sushi,” tulis hasil penelitian, seperti dilansir Thedailymeal, Selasa (24/2/2015).

Temuan penelitian tersebut bisa menjadi bekal dalam praktek pembekuan ikan sebelum menggunakannya dalam sushi atau sashimi. Ini untuk membantu menurunkan angka potensi terkena anisakidosis, yaitu penyakit yang disebabkan infeksi bakteri berbahaya.

Source : lifestyle.okezone.com
COMMENT