Suica, Kartu Ajaib Serbaguna di Jepang


Mungkin nama Suica akan sangat akrab untuk kalian yang sudah pernah mengunjungi Jepang, namun untuk kalian yang sama sekali belum pernah mengunjungi Jepang nama ini akan terdengar sedikit asing. Dan jika kalian berencana mengunjungi Jepang dalam waktu dekat ini ada baiknya untuk berkenalan dulu dengan kartu yang satu ini!


Apa itu Suica?

Suica
Kartu Suica

Sebuah kartu pintar yang apabila diisi dengan sejumlah uang akan berubah menjadi saldo dan tentunya saldo tersebut dapat diisi ulang jika habis, kartu ini juga dapat digunakan sebanyak yang kalian mau. Maksimal pengisian saldo satu buah kartu Suica adalah 20.000 yen.

Wilayah di Jepang dan nama-nama kartu pintarnya (@images : jreast.co.jp)

Kartu ini hanya dapat dibeli di wilayah Kanto dan JR East di Sendai dan Niigata, wilayah lain di Jepang memiliki kartu sendiri namun tidak usah khawatir karena kartu ini dapat digunakan di tempat-tempat lainnya juga! Praktis bukan?

Apa Kegunaan Suica?

Gerbang JR Station

Fungsi utama dari kartu ini adalah untuk membayar ongkos kereta listrik di Jepang. Caranya sangat praktis, cukup tempelkan kartu ini di gerbang masuk stasiun dan saat kalian telah mencapai tujuan tempelkan kembali kartu ini di gerbang keluar stasiun, maka saat itu juga saldo kalian akan terpotong sesuai dengan tarif ongkosnya.


Salah satu konbini yang dapat melakukan pembayaran menggunakan Suica

Namun kegunaan kartu ini ternyata tidak hanya sampai di sana, saldo yang berada di dalam kartu tersebut juga dapat berfungsi sebagai e-money yang dapat digunakan untuk berbelanja di vending machine, konbini, membeli koran di kios kereta, atau bahkan belakangan ini ada beberapa toko baju dan restoran yang sudah bisa membeli barang dengan saldo yang terdapat di dalam kartu tersebut.

Cara Mengisi Saldo Suica

Mengisi saldo Suica

Pertama-tama carilah mesin pengisi saldo Suica di stasiun JR yang kalian kunjungi, taruh kartu kalian di tempatnya, setelah kartu tersebut masuk ke dalam mesin, layar akan menampilkan pilihan jumlah uang yang akan kalian isi ke dalam kartu tersebut.

Layar mesin pengisi saldo Suica

Pilih besaran yang akan kalian isi, letakkan uang kalian sesuai dengan jumlah yang kalian pilih di tempat bertuliskan bill, uang akan masuk secara otomatis. Jika ada kembalian maka mesin tersebut akan mengeluarkan kembaliannya, dan jika kalian membutuhkan bon, kalian bisa menekan tombol pada touch screen untuk memintanya.

Orang Jepang sering menyebutnya dengan istilah “Mahou Card” yang memiliki arti kartu ajaib karena keserbagunaan dari kartu ini! Bahkan belakangan kartu ini memiliki wujud digital yang sudah tertanam di dalam smartphone mereka. Kartu ini memiliki masa kadaluarsa 10 tahun sejak terakhir digunakan, wow waktu yang cukup lama ya?

Dengan mengenal kartu ini kalian tidak usah takut untuk bepergian sendirian di Jepang!


What's Your Reaction?

LOL LOL
1
LOL
Sugoi! Sugoi!
15
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
2
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
1
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
19
Daisuki!
Kowai Kowai
1
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
1
Kawaii~
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes