SHARE THIS ARTICLE

Jika sebelumnya pernah diulas tentang jelly yang salah satu bahannya adalah shochu, maka kali ini akan dibahas mengenai hidangan yang serupa tapi tak sama, yaitu cake vanilla dan coklat dengan bahan shochu.

shochu-cake-satu-lagi-hidangan-yang-memabukkan-dari-pojokan-jepang-4

Saat dikeluarkan dari kemasannya, aroma shochu yang cukup kuat dapat tercium dari shochu cake vanilla yang diberi nama “Kirishima Honkaku Shochu Cake” ini. Meskipun awalnya akan terasa seperti cake vanilla pada umumnya, rasa shochu-nya yang cenderung kuat membuat kita akan teringat dengan rasa dari penganan Indonesia, yaitu tapai ketan. Karena alasan yang sama, aftertaste rasa shochu-nya pun cukup terasa dan meninggalkan kesan kuat.

shochu-cake-satu-lagi-hidangan-yang-memabukkan-dari-pojokan-jepang-2
Sementara itu, berbeda dengan versi vanilla, shochu cake coklat yang diberi nama “Shochu Chocolat Cake Kiwami” tidak memiliki aroma shochu yang kuat, malah sebaliknya, aroma coklat lah yang seakan menjadi tokoh utama pada cake ini. Dengan rasa dan aroma shochu yang hanya tipis di latar belakang, malah semakin menguatkan rasa coklatnya. Kue ini juga cocok bagi yang tidak terlalu menyukai aroma shochu yang tersisa di mulut dan tenggorokan, karena aftertaste-nya yang tidak sekuat versi vanilla.

shochu-cake-satu-lagi-hidangan-yang-memabukkan-dari-pojokan-jepang-3

Kue yang diproduksi dan dijual oleh toko kue Nankoh di Miyakonojo, Prefektur Miyazaki, Jepang ini dibandrol dengan harga cukup murah yaitu sekitar 350 yen per buahnya. Dengan kemasannya yang bercorak keemasan dan nampak elegan, kue ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh. Bagi kalian para penyuka shochu dan penyuka kue-kue Jepang, kue ini sungguh sayang untuk dilewatkan begitu saja, bukan?

Text by: Nom de Plume
Photos: Private collection

COMMENT