Shimokitazawa, Surga Anak Gaul Tokyo yang Jarang Diketahui Turis Asing


Shimokitazawa
(featured image : https://twitter.com/love_skz/status/805724438712856576)

Shimokitazawa, atau sering disebut dengan “Shimokita,” terletak di sebelah barat  Tokyo, dan meskipun kota ini kecil, Shimokita sangat populer dikalangan anak muda Jepang. Berdasarkan survey, Shimokitazawa merupakan salah satu dari tiga tempat terbaik untuk ditinggali menurut anak muda Jepang. Alasannya karena di tempat ini banyak terdapat teater kecil, live house, bar dan toko CD secondhand. Selain itu, kota ini adalah tempat trendsetting dari budaya anak muda Jepang. Disini kalian akan menemukan banyak gang-gang kecil yang hanya dapat dinikmati dengan cara berjalan kaki.


Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika mengunjungi Shimokitazawa :

1. Berkunjung ke toko Secondhand

Bila kamu bertanya ke anak muda Jepang, di mana tempat membeli pakaian bekas yang bermerk dan murah, pasti mereka akan menjawab Shimokitazawa. Terdapat puluhan toko barang bekas yang semakin menjamur di area ini. Mulai dari yang kecil hingga yang besar. Barang yang dijualnya pun beragam, ada baju, mainan bekas, barang antik ala tahun ’70 an, dan masih banyak lagi. Toko barang bekas yang paling terkenal di Shimokita adalah Flamingo, Mode Off, dan Treasure Factory. 

(image : Japanese Station)

2. Nonton band di Live House 

Bagi kamu pecinta musik indie pasti penasaran kan dengan kehidupan band indie Jepang seperti apa? Bila kalian pergi ke Shimokitazawa, kalian akan melihat banyak anak muda yang menjinjing alat musik mereka kesana kemari. Bukan hanya untuk melakukan live tapi juga untuk sekedar latihan di studio musik. Salah satu band lokal Indonesia juga, Tokyolitepernah mengadakan pertunjukan live di Shimokitazawa pada tahun 2016 loh!

(image : https://www.cinra.net/interview/201707-loftshelter)

3. Berkunjung ke kafe atau restoran halal

Banyak sekali kafe disini, mulai dari sekedar warung kopi sampai kafe yang memiliki desain dan interior dengan konsep brilian. Salah satu kafe di Shimokitazawa menjual cake berbentuk Totoro yang sangat terkenal. Untuk masuk dan makan di kafe ini, kalian harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Selain itu, ada juga restoran halal yang letaknya tidak jauh dari Treasure Factory. Di restoran yang bernama, 2 x 2 = 8 (ni nin ga yon), kalian dapat makan sepuasnya hanya dengan 980 yen saja. Untuk pecinta ramen, bisa geser sedikit ke Ichiran Ramen yang letaknya tidak jauh dari situ.

(image : Japanese Station)

4. Foto-foto di gang kecil yang keren banget

Nyasar asyik ya hanya di Shimokitazawa. Kalian akan tenggelam di labirin yang menawarkan banyak hal untuk dilihat. Mulai jalanan yang diatur rapi, dinding berhiaskan mural yang sangat cocok untuk dijadikan background foto, atau melihat berbagai macam desain toko yang unik dan lucu. Tidak jarang kalian juga akan bertemu dengan beberapa seleb Jepang yang sedang jalan-jalan sore di daerah ini.

(image : Japanese Station)

5. Menikmati kehidupan malam ala anak muda Jepang

Selain live house, bar, dan kafe-kafe modern yang dibuka sampai malam. Di Shimokitazawa, kita dapat menemukan banyak toko pinggiran jalan atau dikenal dengan istilah Yatai.  Di sana kamu bisa menikmati berbagai macam yakitori dengan harga murah, sekitar 120 yen an saja. Bagi kalian yang ingin mencoba bar unik nan misterius, kalian bisa mengunjungi bar bernama Mother.

Shimokitazawa
Bar Mother (image : https://www.instagram.com/p/BQqGtYeD3A5/)

Bagaimana cara untuk menuju ke Shimokitazawa ?

Caranya gampang sekali, ada dua cara yang bisa kalaian pilih.

Pertama, apabila kalian pergi ke Shimokitazawa dari stasiun awal Shinjuku, kalian bisa naik Odakyu Line ke arah Fujisawa. Biaya yang diperlukan adalah 160 yen dan hanya memakan waktu sebanyak 10 menit.

Kedua, apabila kalian pergi dari stasiun Shibuya, kalian bisa naik Keio Inokashira Line ke arah Kichijoji. Kereta ekpres hanya memerlukan 6 menit saja untuk menuju kesana. Harganya pun murah, 130 yen.

Gimana ? Sudah siap untuk menjadi anak muda Tokyo yang kekinian? Jangan lupa untuk mengunjungi Shimokitazawa ya!

(featured image : twitter)

Sources :

What's Your Reaction?

LOL LOL
2
LOL
Sugoi! Sugoi!
38
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
4
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
1
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
1
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
8
Daisuki!
Kowai Kowai
1
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
3
Kawaii~
gaemgyee

Harmony Whisperer || Lunatic Dreamer || Wishful Thinker || Part Time Traveler

Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini