SHARE THIS ARTICLE

Di Jepang ada tradisi tentang tata cara duduk yang sudah menjadi budaya di kalangan masyarakatnya, mereka menyebutnya dengan Seiza atau duduk dengan tepat. Ini adalah cara formal dan sopan ketika duduk di rumah tradisional Jepang yang berlantaikan tatami, tikar tradisional Jepang yang dibuat dari jerami yang ditenun.

Untuk duduk seiza, tempatkan lutut di lantai dan dudukkan pantat tepat di bagian atas kaki. Ujung kaki kalian harus rata di lantai. Bagi yang tidak terbiasa, duduk seiza bisa menyakitkan, maka dari itu orang-orang di Jepang sudah diajarkan tata cara duduk ini dari usia muda.

Ada mitos di Jepang bahwa orang asing tidak bisa melakukan seiza, salah satunya adalah pemain sepak bola Christian Ronaldo ketika duduk seiza dengan cara yang salah. Namun ternyata seiza bukan dilatih dengan latihan fisik, melainkan kebiasaan yang membuat seseorang akhirnya terbiasa untuk duduk dengan cara tersebut.

Selain syarat dalam upacara formal seperti pemakaman, seiza juga digunakan pada seni bela diri Jepang. Jika kalian belum terbiasa tapi berada dalam situasi yang membutuhkan seiza, seperti mengunjungi sebuah kuil, kalian juga bisa duduk dengan posisi yang lebih nyaman seperti bersila di lantai.

Banyak orang Jepang duduk dengan posisi seiza dengan nyaman untuk jangka waktu yang cukup lama. Bahkan beberapa orang tersebut duduk seiza di waktu luang mereka.

Source : wasa-bi.com
COMMENT