SHARE THIS ARTICLE

Robot hewan peliharaan, juga dikenal sebagai robo-pets, kembali hadir ke rak-rak toko di Jepang dalam upaya untuk meningkatkan tren penjualan produsen mainan lokal yang menurun karena tingkat kelahiran yang merosot.

Kita semua ingat hari-hari ketika Paro dan AIBO pertama melesat ke dalam hidup kita. Kini berbagai mainan hewan yang robotik dan interaktif sudah cukup standar. Tapi mari kita lihat beberapa pendatang baru di pasar dan juga melakukan perjalanan menyusuri kenangan saat kita berada di dalamnya.

Di tahun 1980-an Tomy (jauh sebelum bergabung dengan Takara) meluncurkan berbagai mainan robot yang sukses yang disebut Omnibot. Mereka berisi berbagai fungsi teknologi yang tinggi seperti menjadi satu dengan pemutar kaset (jangan tertawa!) dan bisa membawa berbagai benda untuk kalian jika kalian cukup malas. Kekuasaan Omnibot di hati anak-anak dan remaja otaku cukup singkat tetapi telah kini telah kembali, setidaknya hanya namanya. Takara Tomy telah meminjam merk tersebut untuk dua robo-pets terbaru baru-baru ini.

Omnibot Hello! MiP adalah robot roda dua yang bisa menari untuk kalian dan bahkan membawakan kalian minuman!

robo-pets japan (1)

Beberapa hal tentu saja telah berubah sejak kemunculan Omnibot aslinya. Tidak ada kaset yang terlihat di sini. Hello! MiP dapat bergerak dengan sensor gerak yang menanggapi gerakan kalian – misalnya tempatkan tangan kalian di depannya – serta dapat dikendalikan oleh telepon kalian.

Mereka juga merilis Zoomer lokal versi Jepang, menamakan ulang dengan Omnibot Hello! Zoomer, seekor dalmatian interaktif yang dapat mengerti 45 kata-kata dalam bahasa Inggris dan Jepang.

robo-pets japan (2)

Deretan produk prajurit samurai yang mengagumkan dari Takara Tomy yang diaktifkan dengan gerak juga dibaptis oleh Omnibot Battroborg sebagai anggukan terhadap mainan sebelumnya.

Pada akhir 1990-an kita melihat aplikasi yang lebih serius dan berpikiran maju dari robo-pets rumahan dengan Paro, segel penyembuhannya dirancang untuk para manusia lanjut usia dan pasien rumah sakit yang membutuhkan beberapa terapi dari suatu teman pendamping yang lucu.

Tapi bagi banyak orang, robot hewan peliharaan akan selalu menjadi AIBO, yang merupakan suskes besar bagi Sony (bagaimana robot itu memimpikan hari-hari itu saat ini ya?) pada paruh kedua tahun 1990-an.

Robot itu disaingi oleh Poo-chi pada awal tahun 2000-an, sebuah kolaborasi antara Hasbro dan Sega.

Robot ini juga telah diperbarui dengan nama Heart Energy Poochi, yang Sega berharap akan mereplikasi beberapa keberhasilan dari robot anjing sebelumnya. Karena kehidupan kita sekarang memiliki perangkat lain di dalamnya, komunikasi antar-perangkat tampaknya menjadi trik yang para pembuatnya mainkan saat ini. Dalam kasus Heart Energy Poochi, robot tersebut dapat berinteraksi dengan Nintendo 3DS kalian. Dan robot itu, tanpa berkata-kata pun, suka dibelai tetapi akan merespon buruk jika kalian menarik ekornya.

robo-pets japan (3)

Bandai juga turut masuk dalam aksi robot anjing ini beberapa tahun yang lalu dengan Smartpet Robot Dog, yang memungkinkan kalian menempatkan iPod atau iPhone kalian ke kepala robot anjing tersebut untuk membuat wajahnya tampil dari layarnya. Tidak ada hewan yang disakiti dalam pengembangan produk ini!

robo-pets japan (1)

Karya klasik lain dalam genre ini adalah Yume Neko Dream Cat dari Sega Toys, yang memiliki sensor internal yang sangat realistis yang merespon sentuhan kalian. Robot ini dimulai sebagai robot kucing interaktif, meskipun diikuti oleh berbagai hewan lain seperti ayam, tupai, anjing dan kelinci.

Yume Neko diberi pembaharuan oleh Sega Toys baru-baru ini sebagai Yume Neko Dream Cat Celeb, yang menyediakan segala macam interaksi lucu dari teman kucing tanpa kerumitan atau berantakan. Hal ini sangat penting di Jepang di mana banyak orang yang tinggal di apartemen tidak diperbolehkan oleh pemiliknya untuk memiliki hewan peliharaan yang sesungguhnya. Mereka lalu beralih ke kafe kucing dan robot sebagai gantinya.

robo-pets japan (4)

Tentu saja, robot-robot ini bukan hanya produsen dari dalam negeri Jepang. Produsen mainan mewah Furby juga mengalami sedikit kebangkitan di Jepang, dengan Takara Tomy mendistribusikan model baru dari Hasbro yang merespon perintah bahasa Inggris dan memiliki mata yang telah ditingkatkan.

Ini merupakan bagian dari tren pasca tahun 2010 untuk mainan robot mewah paling canggih yang “dapat dipeluk”, yang bertujuan untuk membantu para bayi dan anak-anak yang lebih tua untuk tidur. Hug & Dream Mickey and Minnier adalah produk yang sukses besar, meskipun mereka telah didahului oleh produk perintis “boneka peluk” Issho ni Nenne dari Takara Tomy, yang membantu para bayi mendapatkan siklus tidur yang lebih baik.

robo-pets japan (5)

Dan kejutan besarnya, robot ini juga telah kembali diluncurkan baru-baru ini dengan tiga karakter baru versi Disney dan Pooh.

COMMENT