SHARE THIS ARTICLE

ae40d73a424aa83d0897ad658dbd628b70075a4c

Berjalan dan berlari, bahkan naik dan turun tangga. Robot ini dapat membuka botol dan melayani minuman, dan secara sopan berjabat tangan dengan orang asing. Sambutlah ASIMO terbaru, robot humanoid dari Honda.

“Hello New York! Terima kasih telah datang hari ini! “Si robot kecil berceloteh dalam bahasa Inggris dari rekaman suara seorang anak remaja. Robot ini melakukan debutnya di Amerika Serikat pada hari Rabu di sebuah hotel di Manhattan.

Menyerupai astronot kecil, ASIMO-mengenakan setelan dan helm putih. Tingginya 1,3 meter dan beratnya 50 kg.

Robot

ASIMO – singkatan dari Advanced Step in Innovative Mobility – dirancang untuk membantu manusia, yang berpotensi dalam kasus kurangnya mobilitas atau tenaga. Model pertama ini diresmikan pada tahun 2000 setelah 14 tahun penelitian di mana para ilmuwan mempelajari gerakan manusia dalam upaya untuk meniru mereka.

Demonstrasi terbaru ini mengikuti peningkatan fleksibilitas robot dan keseimbangan. ASIMO kini dapat melompat-serta kemampuan bahasa isyarat. Robot ini sekarang dapat juga jalan pada kecepatan 9 km/jam.

Para peneliti berpikir bahwa suatu hari robot itu bisa membantu orang yang lebih tua, misalnya dengan mengambilkan cemilan atau mematikan lampu, ketika kemampuan mereka (orang lanjut usia) untuk berkeliling telah berkurang. 

ASIMO dirancang untuk membantu orang-orang dalam masyarakat yang membutuhkan bantuan, dan Honda percaya bahwa perbaikan ini di ASIMO membawa kita selangkah lebih dekat dengan tujuan utama kita untuk dapat membantu semua jenis orang yang membutuhkan,” kata Satoshi Shigemi, chief engineer senior yang di Honda R&D Co Jepang yang bertanggung jawab untuk robotika humanoid.

Kita perlu memahami apa yang orang harapkan dari ASIMO dan apa yang orang ingin ASIMO dapat lakukan.”

Source : japantoday.com
COMMENT