SHARE THIS ARTICLE

Seperti halnya beras merah, beras hitam juga baik untuk kesehatan dan mengandung nutrisi sebagai makanan pokok pengganti nasi putih, yang lebih sehat dan juga biasa digunakan untuk diet, walau masih terdengar asing bagi masyarakat Indonesia. Di Jepang, beras hitam bisa disajikan dengan salad edamame yang lezat dan menggiurkan. Edamame juga adalah sayuran yang kaya akan vitamin A, vitamin C, serat, dan protein, serta 9 asam amino esensial yang biasanya didapatkan dari daging ataupun telur, yang sangat bagus untuk diet dan kecantikan. Berikut ini ada resep salad edamame dengan nasi hitam ala Jepang dengan saus jahe pedas dikutip dari japanbullet.com.

Bahan-bahan

200g beras hitam
400g edamame yang sudah berbentuk kacang polong
2 wortel, kupas, potong seukuran korek api
2 bawang merah, potong diagonal
2-3 mentimun Lebanon, potong-potong jadi 4 bagian
1 tangkai ketumbar
2 sendok teh biji wijen, dipanggang

Saus salad

2 sendok teh jahe segar ditumbuk halus
2 sendok makan soy sauce
2 sendok makan cuka anggur beras
1 sendok makan jus lemon segar
2 sendok teh madu
1 sendok teh minyak wijen

Cara pembuatan

Masak beras dalam panci besar air mendidih selama 30 menit atau sampai halus. buang airnya. Dinginkan. Masukkan ke dalam mangkuk yang lebar.

Untuk sausnya, tempatkan jahe dalam ayakan yang diletakkan di atas mangkuk lalu tumbuk hingga menghasilkan air. Buang sisa tumbukannya. Masukkan kecap, cuka, jus lemon, madu dan minyak wijen ke cairan jahe. Aduk dengan cepat. Sisihkan.

Tambahkan edamame ke beras hitam yang telah menjadi nasi. Sirami dengan 66% dari sausnya dan aduk  hingga tercampur. Masukkan wortel, bawang merah, mentimun dan ketumbar ke dalam mangkuk. Siram dengan sisa saus dan taburi dengan biji wijen.

Source : japanbullet.com
COMMENT