SHARE THIS ARTICLE

Sama seperti Indonesia, nasi merupakan makanan pokok masyarakat Jepang. Mungkin kalian sering mendengar bahwa orang Jepang banyak yang menyukai rasa nasi goreng khas Indonesia, namun sebenarnya, Jepang pun memilki masakan nasi goreng sendiri, yang disebut chahan, tentunya dengan citarasa yang lebih khas Jepang. Berikut ini adalah resep nasi goreng teri ala Jepang, untuk kalian yang ingin merasakan sisi lain masakan nasi goreng.

BAHAN-BAHAN

Bahan Utama

Nasi 400 gr

Ikan teri 20 gr

Jamur shiitake 3 buah

Jamur enoki ½ ikat

Shishito (cabai hijau khas Jepang) 3-5 buah (Bisa diganti cabai lain yang tidak terlalu pedas)

Jahe dicincang halus, 1 sdm

Irigoma (bubuk wijen sangrai) 1 sdm

Daun shiso (jika ada), sesuai selera

Bumbu

Minyak salad ½ sdm

Shoyu ½ sdm

Garam ¼ sdt

Minyak wijen 1 sdt

CARA MEMBUAT

  1. Persiapkan bahan-bahan nasi goreng. Isian yang cocok untuk nasi goreng teri ini sebaiknya menggunakan isian yang cocok dengan rasa shoyu, seperti jamur-jamuran dan cabai-cabaian yang tidak terlalu pedas. Untuk ikan terinya, gunakanlah yang tidak terlalu lembut.
  2. Potong jamur shiitake dengan lebar 4-5 mm, jamur enoki dengan lebar 2 cm, dan cabai dipotong-potong diagonal.
  3. Panaskan minyak salad dalam wajan, setelah minyak panas, masukkan terlebih dahulu jahe yang dicincang halus ke dalam wajan. Gunakanlah api besar selama memasak.
  4. Setelah jahe dimasukkan, masukkan juga semua sayuran yang telah dipersiapkan sebelumnya. Goyang-goyangkan wajan agar semuanya terkena minyak dan panas secara merata.
  5. Setelah sayuran telah masak kira-kira 70%, masukkan nasi dan ikan teri ke dalam wajan.
  6. Pada saat menumis, pastikan tidak ada nasi yang menggumpal dengan menguraikannya menggunakan sudip/spatula. Karena shiitake menyerap minyak, jika minyak di wajan mengering, boleh ditambahkan minyak 1 sendok makan lagi.
  7. Jika nasi sudah tidak menggumpal dan tertumis sempurna, masukkan irigoma, shoyu, minyak wijen, dan garam, kemudian aduk rata. Jumlah garam yang dipakai bervariasi tergantung ikan teri yang digunakan, jadi pastikan garam dimasukkan paling terakhir agar dapat disesuaikan.
  8. Hidangkan nasi goreng yang telah matang. Untuk mendapatkan tambahan rasa, tambahkan daun shiso suwir jika ada.

Selain bahan-bahan di atas, isian seperti telur, chikuwa, maupun kamaboko pun cocok untuk ditambahkan ke dalam nasi goreng ini. Selamat mencoba!

(All images:allabout.co.jp)

Source : allabout.co.jp
COMMENT