SHARE THIS ARTICLE
Resep Membuat Gyoza dengan Mudah Versi Rumahan 1
image: steamykitchen.com

“Saya menyukai gyoza buatan ibu, tidak bisa dibeli dimanapun,” jelas Kana, putri tertua dari koki ternama Jepang asal Kobe Hiroko Sakamoto. Hiroko ternyata memiliki resep khusus membuat gyoza dengan mudah yang didapatkan dari pertemanannya dengan orang China yang tinggal di Kobe. “Saya ingin orang mengerti bahwa kita semau bisa memasak dengan mudah, bahkan untuk mereka yang masih muda atau orang tua sekalipun,” ujar wanita berusia 69 tahun ini. Penasaran bagaimana gyoza ala rumahan versi Sakamoto dibuat dengan mudah? Ikuti langkah di bawah ini:

bahan-bahan (untuk 20 gyoza):

Kulit

150 gram tepung
dua jumputan garam
75 cc air panas (80 derajat)

isi

100 gram kubis
1/4 sendok teh garam
1 sendok makan air
15 gram bawang kucai (nira)
60 gram daging giling
1 sendok teh pati katakuriko

bumbu

1 sendok teh kecap, 1/2 sendok teh minyak wijen, 1 sendok teh sake, 1/3 sendok teh sari jahe

Resep Membuat Gyoza dengan Mudah Versi Rumahan 2
image: youtube.com

 

Cara Penyajian:

Untuk membuat kulit, taruh tepung dan garam di dalam kantong plastik dan campurkan. Tuang air panas, aduk sampai rata dan saat air sudah menyebar seluruhnya, pijat-pijat di seluruh adonan. Saat dirasa sudah mampat, angkat dari kantong plastik dan pijat adonan kembali.

Saat adonan telah rata, kembalikan ke kantong plastik dan biarkan selama 20 sampai 30 menit.

Di saat itulah siapkan isi dengan mencacah kubis dan letakkan di dalam tas plastik. Tambahkan garam, air dan campurkan. Tiriskan hingga air keluar seluruhnya.

Letakkan daging giling dan bumbui di plastik. Taruh di dalam kantong plastik, tambahkan bawang kucai yang telah dipotong, kubis, pati katakuriko. Campurkan. Gulung adonan dengan tangan menjadi balok panjang dan potong menjadi 20 bagian. Ambil satu bagian dan bentuk menjadi sebuah bola. Letakkan di meja adonan dan ratakan dengan penggiling adonan menjadi ukuran telapak tangan. Untuk mencegahnya kering tutup dengan kantong plastik.

Langkah selanjutnya adalah membungkus. Potong pojok bawah dari tas lalu peras di tengah dari setiap kantong. Bagi kantong menjadi dua lalu cubit setiap ujung menjadi bentuk indah. Lakukan sampai 20 gyoza.

Taruh secara hati-hati dalam panci berisi air mendidih. Angkat saat sudah mengambang. Gyoza pun siap disajikan.

Source : Japan Bullet

COMMENT