SHARE THIS ARTICLE

Kapao berasal bahasa Thailand yang memiliki arti rempah holy basil. Di Jepang, masakan yang menggunakan campuran kapao dan daging ayam, juga disebut “kapao”. Kali ini, kita akan membuat donburi yang dimasak seperti masakan kapao tersebut, namun, karena kapao atau holy basil bisa jadi sulit ditemukan, maka dalam resep ini, akan diganti dengan sweet basil. Bagaimana sih cara membuat donburi dengan bumbu basil ini? Berikut ini resepnya!

BAHAN-BAHAN (Untuk 2 porsi)

Daging sapi 150 gr, potong tipis

Sweet basil 20 g (±10 lbr)

Paprika merah ½ butir

Bawang putih 1 siung

Cabai merah 1 buah

Minyak salad 1 sdm

Saus tiram 1 sdm

Nam pla fish sauce 1 sdm

Gula ½ sdm

Nasi 2 porsi

CARA MEMBUAT

  1. Potong-potong semua bahan. Potong daging ke ukuran yang mudah dimakan, sementara paprika dipotong memanjang, dan bawang putih dicincang halus. Petik daun basil dari batangnya, sementara itu buang bagian kepala cabai beserta bijinya. Siapkan semua bumbu-bumbu.
  2. Panaskan minyak salad dalam wajan, masukkan bawang putih dan cabai. Jika aromanya sudah keluar, masukkan daging. Setelah daging berubah warna, masukkan paprika, kemudian tumis.
  3. Masukkan bumbu-bumbu, dan setelah rasanya meresap ke dalam, tambahkan basil dan campur semuanya. Setelahnya, tuang ke atas nasi, hidangkan.

Daun basil harus dimasukkan paling terakhir agar aromanya tetap tertinggal. Masakan ini juga cocok jika ditambahkan telur mata sapi di atasnya. Selamat mencoba!

(All images: allabout.com)

Source : allabout.com
COMMENT