SHARE THIS ARTICLE

Perusahaan telekomunikasi asal Jepang, Softbank, secara mengejutkan mengumumkan perilisan sebuah robot humanoid pertama yang bisa lebih mengerti manusia.

pepper-robot-pertama-yang-bisa-mengerti-perasaan

Dalam jumpa pers yang dilaksanakan kemarin, CEO Softbank, Masayoshi Son, memperkenalkan sebuah robot dengan bentuk mirip manusia yang diberi nama “Pepper“.

Son menjelaskan jika Pepper adalah robot pertama di dunia yang mempunyai ‘perasaan’. Robot humanoid ini mampu belajar dari interaksinya dengan manusia, lalu menyimpan data tentang perilaku tuannya di penyimpanan awan berbasis sistem AI (Artificial Intelligence) yang telah disediakan oleh Softbank.

Oleh sebab itu, Pepper bisa beradaptasi dan bertingkah secara natural sesuai dengan kondisi di sekitarnya. Son juga menambahkan jika ‘mesin’ perasaan milik Pepper akan menjadi program standar untuk robot humanoid lainnya.

Pepper sendiri memiliki tinggi sekitar 1 meter lebih dengan menyertakan sebuah tablet di dadanya. Ada kemungkinan jika tablet tersebut bisa digunakan untuk memasukkan perintah atau mengakses data-data tertentu dari robot ini.

Untuk dapat berinteraksi dengan wajar, Pepper dibekali dengan tangan plus jari-jari yang lengkap. Sedangkan kakinya sendiri lebih terlihat seperti kaki ekor dari putri duyung.

Dalam demonstrasi, Pepper mampu berinteraksi dengan Son menggunakan gerakan khas budaya Jepang seperti membungkuk saat memberi salam.

Robot yang merupakan hasil kolaborasi dari Softbank dan Aldebaran Robotics (perusahaan asal Prancis) ini akan dijual di dua toko di Tokyo. Rencananya Softbank akan menjual Pepper dengan harga USD 1.930 atau sekitar Rp 23 juta mulai bulan Februari tahun depan.

Sources :
COMMENT