Berita Jepang | Japanesestation.com

Sekelompok oknum pekerja migran Indonesia (PMI) menjadi sorotan netizen usai membagikan sebuah video yang dianggap mengganggu ketertiban warga lokal.

Akun X @minako_satou membagikan sejumlah video pada Hari Jumat (30/8), yang menampilkan segerombolan pria berbaju hitam sambil duduk-duduk di pinggir sungai dan menghalangi pejalan kaki yang lewat.

Tak hanya itu, kelompok yang menamai diri mereka sebagai "Pemulih Harga Diri Jepang" tersebut juga terlihat memutar lagu melalui pengeras suara. 

Dalam video lainnya yang dibagikan pada hari yang sama, sekelompok oknum tersebut terlihat memegang senjata tajam hingga menaiki sepeda dengan membawa bendera komunitasnya.

"Tolong dong @bp2mi_ri yang model begini dikasih arahan!," tambahnya.

Aksi mereka kemudian menjadi viral di kalangan netizen Indonesia, banyak pengguna media sosial menyebut tindakannya memalukan dan mencoreng nama baik negara.

Seorang pengguna X bernama @Dani_OOR mengkhawatirkan tindakan memalukan tersebut dapat merugikan para WNI yang ingin berangkat ke Jepang dan mengharapkan tindakan tegas dari para pemangku kepentingan. 

"Buat apa kasih arahan? Lebih baik langsung deportasi. Takutnya nanti Jepang malah bikin aturan yang lebih ketat lagi buat WNI. Yang berulah hanya beberapa orang, tapi yang kena dampaknya satu negara"

Tak hanya viral di Indonesia, kasus ini juga bahkan sampai disorot oleh warga Jepang. Salah seorang warga Jepang menyampaikan kegelisahannya melalui akun X @Parsonalsecret.

"Media Jepang tidak mengangkatnya, namun masyarakat Indonesia membentuk geng di Jepang, berkumpul dengan pisau, dan memposting tentang hal tersebut. Usianya masih muda sehingga tidak menimbulkan masalah besar seperti jalan-jalan ke Osaka naik sepeda tandem, tapi di Indonesia sedang ramai diberitakan. Cepat atau lambat, ini akan menjadi masalah"