Berita Jepang | Japanesestation.com

Beredar sebuah video di sosial media yang menangkap sekelompok turis sedang merusak bunga sakura. Kelompok turis tersebut diduga berasal dari Indonesia karena adanya kemiripan bahasa yang digunakan dengan Bahasa Indonesia.

Dalam video yang diambil di kota Nara tersebut, terlihat seorang pria menggoyangkan ranting pohon hingga bunga sakura berguguran. Sementara itu, seorang perempuan muda yang membawa kamera terlihat menikmati sakura yang berjatuhan.

Video itu diunggah ke grup komunitas tips berlibur ke Jepang pada Kamis (11/04) lalu. Hingga saat ini, video yang beredar itu mendapatkan respons negatif dari warganet.

Pemerintah Jepang memiliki aturan tersendiri saat menikmati bunga sakura. Seluruh wisatawan, baik domestik dan internasional, dilarang memetik dan memanjat pohon sakura agar tidak merusak keindahan bunga yang jadi daya tarik utama saat musim semi. Wisatawan hanya diperkenankan mengambil bunga sakura yang memang telah gugur di tanah.

Ini bukan kali pertama turis Indonesia menjadi sorotan karena berkelakuan buruk di Jepang. Sebelumnya turis Indonesia disorot karena enggan membereskan sisa makanannya di tahun 2017. Tiga tahun setelahnya, turis Indonesia kembali viral setelah menyebabkan shinkansen terlambat hingga 10 menit.