Berita Jepang | Japanesestation.com

Aksi seorang siswi sekolah menengah pertama tahun ketiga di Jepang mendapat banyak pujian dari orang-orang, hingga polisi juga turut memberikan surat penghargaan. Hal itu terjadi usai pada tanggal 12 November kemarin dia membantu mempertemukan kembali seorang gadis berusia empat tahun yang hilang dengan orang tuanya.

Menurut polisi yang dilansir dari Soranews24, Nanoha Kondo yang berusia 15 tahun sekitar pukul 12:30 meninggalkan tempat dia belajar untuk ujian masuk sekolah menengahnya, untuk makan siang di toko terdekat ketika dia melihat seorang gadis kecil berjalan sendirian di tengah hujan lebat tanpa payung. 

Pada awalnya, Kondo mengira orang tua anak berada didekatnya, namun dia menjadi khawatir ketika melihat gadis itu berjalan menuju Jalan Raya Nasional 357, jalan sibuk yang pada saat itu penuh dengan kepadatan lalu lintas. Meskipun anak tersebut basah kuyup karena hujan, semua orang dewasa di sektirnya berjalan melewati sang anak tanpa berhenti untuk melihat apakah dia baik-baik saja atau tidak. Ketika gadis itu terlihat seperti hendak berlari ke jalan, Kondo masuk untuk menghentikan gadis itu, berpikir, berbahaya meninggalkannya seperti ini.

Kondo mengatakan gadis itu sangat basah karena hujan dan membuat tubuhnya dingin serta wajahnya kaku. Ia pun melepas jaket yang dikenakannya dan meletakkannya di sekitar gadis tersebut, menanyakan siapa namanya dan apakah dia baik-baik saja dan apakah ada keluarganya.

Bocah empat tahun itu hanya menjawab pertanyaannya dengan "hmm", sehingga Kondo menjadi khawatir dengan kondisi fisik anak itu, kemudian menggandeng tangannya dan membawanya ke kotak polisi terdekat. Saat mereka berjalan ke pos polisi bersama, wajah gadis itu tampak sedikit cerah, yang membuat Kondo semakin lega.

Menurut polisi, anak berusia empat tahun itu telah meninggalkan rumah tanpa sepengetahuan orang tuanya beberapa jam sebelum Kondo menemukan dia. Gadis tersebut dengan selamat dikembalikan ke orang tua yang telah mencarinya, dan polisi mengatakan cerita itu mungkin tidak akan berakhir bahagia jika Kondo tidak turun tangan untuk membantu dengan kebaikan dan keberanian.

"Sangat menyedihkan ketika anak-anak harus saling membantu karena orang dewasa menutup mata," ucap salah seorang netizen. Banyak yang memberikannya pujian, namun tidak sedikit pula yang mengomentari masalah dengan keadaan masyarakat saat ini, di mana banyak orang dewasa disekitarnya yang berpikir lebih baik menutup mata daripada terlibat karena takut dicap sebagai tersangka.

"Jika sesuatu seperti ini terjadi pada seseorang di masa depan, saya ingin orang-orang di sekitar mereka untuk menjaga mereka," harapan Kondo. Akibat aksi Nanohan Kondo yang menolong gadis tersebut kembali bertemu orang tuanya, ia pun menerima sebuah surat penghargaan dari polisi Jepang.