Share on

Kuil Sensoji di Asakusa, Tokyo, adalah salah satu kuil bersejarah terpopuler di  Jepang yang mampu menarik ribuan turis lokal maupun internasional setiap tahunnya. Melihat sejarahnya yang sudah berdiri sejak tahun 645, tentunya sudah banyak berbagai peristiwa penting dan upacara-upacara tradisional yang digelar di sekitar kuil ini. Nah, di tahun 2020 ini, salah satu acara penting tersebut adalah digantinya lentera kuil!

Advertise With Us

Lentera besar berwarna merah yang tergantung di tengah-tengah gerbang Kaminarimon pintu masuknya itu sama populernya dengan kuilnya sendiri. Menurut juru bicara kuil, ini adalah kali keenam lentera tersebut akan diganti sejak dibangunnya gerbang ikonik tersebut pada tahun 1960, dengan penggantian terakhir terjadi pada 7 tahun lalu.

Kuil Sensoji dan lentera lamanya, dipadati pengunjung. (soranews24.com)
Kuil Sensoji dan lentera lamanya, dipadati pengunjung. (soranews24.com)

Dengan berat lentera yang mencapai sekitar 700 kilogram (1,500 pounds), lebar sekitar 3.3 meter (10.8 kaki) dan panjang 3.9 meter, tentunya mengganti lentera ini bukanlah pekerjaan mudah.  Lentera ini diturunkan pada tanggal 10 Maret lalu, dan gerbangnya dibiarkan kosong hingga lentera penggantinya datang satu bulan kemudian.

Keadaan gerbang Kaminarimon di Kuil Sensoji sebelum lentera baru dipasang. (soranews24.com)
Keadaan gerbang Kaminarimon di Kuil Sensoji sebelum lentera baru dipasang. (soranews24.com)

Pada 17 April lalu di sekitar pukul 6:30 pagi, terlihat 5 orang pekerja dari Shinmon, sebuah perusahaan konstruksi yang memelihara gerbang kuil itu, datang untuk memasang lentera baru. Dua jam kemudian, lentera besar berwarna merah terang telah tergantung di Kaminarimon.

Video ini memperlihatkan proses pemasangan lentera baru:

Pemasangan lentera baru ini berlangsung tanpa disaksikan masyarakat, karena adanya imbauan untuk melaksanakan praktik social distancing dari Pemerintah Tokyo, begitu pun dengan temple memorial service yang digelar di depan Kaminarimon setelah lentera itu dipasang.

Lentera ini juga punya detail baru lho, seperti tertulis tanggal terpasangnya lentera baru— April, tahun kedua Reiwa (2020) — dan nama perusahaan yang membuatnya, Takahashi Chochin, sebuah perusahaan spesialis chochin (lentera) di Kyoto.

Dipasangnya lentera baru ini disambut baik oleh para penduduk Tokyo. Mereka bahkan berkata hal ini membawa sedikit kebahagian di saat Jepang dan seluruh penduduknya tengah menghadapi pandemi COVID-19.

Reijiro Sugibayashi, managing director Shinmon mengatakan bahwa ia berharap lentera baru ini dapat memberi semangat dan energi bagi area ini, pengunjungnya, serta karyawan-karyawan pusat perbelanjaan setempat yang terpapar akibat turunnya jumlah pembeli  yang datang untuk berbelanja. Semoga benar-benar bisa membawa energi baru ya!