Berita Jepang | Japanesestation.com

QR code, salah satu penemuan Jepang yang telah eksis sejak tahun 1990-an, baru saja meraih penghargaan. Menurut investor QR code pada awal bulan Oktober lalu, penghargaan tersebut diberikan karena QR code telah menjadi alat sharing informasi di dunia global.

Dilansir dari Mainichi, QR Code pertama kali dikembangkan oleh Denso Wave Inc., sebuah anak perusahaan dari perusahaan pembuat auto parts Denso Corp. Kode tersebut memenangkan IEEE Milestone dari Institute of Electrical and Electronics Engineers di Amerika Serikat yang mengakui pencapaian elektronik di seluruh dunia.

QR code yang dapat menyimpan informasi 200 kali lebih banyak dibanding barcode tersebut pertama kali dikembangkan pada tahun 1994 sebagai manajemen penyediaan. Kode tersebut memiliki kemampuan untuk menerjemahkan berbagai data meski berisi data berupa kata dan gambar sekaligus. Bahkan, data tersebut dapat dikembalikan meski ada bagian kode yang hilang.

 Untuk memperluas penggunaannya, Denso Wave Inc. merilis penemuan ini secara cuma-cuma. QR code pun menarik hati sektor manufaktur pada akhir 1990-an, dan akhirnya menyebar ke berbagai industri lain seperti makanan dan farmasi.

Di beberapa tahun terakhir, kegunaan QR code pun makin meningkat berkat adanya smartphone yang dilengkapi dengan kamera yang dapat memindai kode. Kini, penemuan ini digunakan untuk siste, pembayaran elektronik, kupon dan berbagai situs.

Penghargaan IEEE Milestone yang dibuat pada tahun 1983 ini telah memberikan penghargaan bagi 207 penemuan hingga akhir 2019. Nah, QR code inilah penemuan Denso pertama yang menerima penghargaan dari organisasi tersebut.