Berita Jepang | Japanesestation.com

Pihak pemerintah Tokyo resmi meluncurkan aplikasi kencan yang dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Sebelumnya, pemerintah telah melakukan uji coba gratis yang dilakukan sejak akhir tahun 2023.

Aplikasi ini dapat digunakan lewat ponsel pintar oleh orang berusia 18 tahun, sedang tinggal atau bepergian ke Tokyo, dan serius untuk menikah. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan angka kelahiran di Jepang.

Dikutip dari Kyodo, pengguna Tokyo Enmusubi akan melakukan wawancara saat mendaftar di dalam aplikasi. Tidak hanya itu, pengguna juga harus menyertakan foto serta dokumen bukti penghasilan dan status lajang untuk memastikan keamanan.

“Ada banyak orang yang berminat untuk menikah, namun belum aktif mencari jodoh. Kami ingin membantu mereka untuk mengambil langkah pertama dalam sebuah hubungan,” ujar salah satu pejabat pemerintah Tokyo.

Teknologi AI yang ada dalam Tokyo Enmusubi ini nantinya akan memberikan daftar calon pasangan yang potensial berdasarkan dari 110 pertanyaan yang dijawab oleh pengguna.

Para pengguna yang berminat menggunakan Tokyo Enmusubi dapat mengunduh aplikasi ini di ponsel pintar atau mengakses situs melalui komputer. Saat pendaftaran, para pengguna harus membayar 11.000 yen untuk mendapatkan keanggotaan aktif selama dua tahun.