Berita Jepang | Japanesestation.com

Pemerintah Jepang kembali berencana untuk memberikan bantuan bagi mereka yang terdampak virus corona. Ya, pada pagi tadi, Selasa (16/3), pemerintah Jepang mengatakan bahwa mereka akan memberikan bantuan darurat bagi orang tua tunggal, pekerja tidak tetap, dan keluarga dengan penghasilan rendah

Menurut laporan Reuters via Yahoo News, dalam pertemuan kementerian, Perdana Menteri Yoshihide Suga mengungkapkan bahwa ia akan menyiapkan dana lebih dari 500 miliar yen pada minggu yang akan datang dan siap memberikan dana sebesar 50.000 yen (sekitar 6 juta rupiah) bagi setiap orang tua tunggal dan keluarga berpenghasilan rendah yang memiliki anak. Pemerintah Jepang pun mengatakan bahwa mereka juga akan memperluas jangkauan pelatihan serta mendukung keberlangsungan kantin anak dan bank makanan.

perdana menteri Jepang Yoshihide Suga japanesestation.com
Yoshihide Suga (asiatimes.com)

Pelatihan tersebut akan diperuntukkan bagi wanita yang kesulitan mendapat pekerjaan dan para pekerja yang tak memiliki pekerjaan tetap. Sementara itu bagi para orang tua tunggal, tersedia pelatihan dengan tunjangan 100.000 yen per bulannya.

Sistem pemberian dana bantuan darurat ini akan terus diberikan hingga setelah bulan April mendatang. Budget sebesar 6 miliar yen pun akan dialokasikan untuk mendukung kegiatan sosial seperti kantin anak dan bank makanan.

Ke depannya, rincian terkait dana dukungan tambahan bagi industri hiburan dan budaya serta dukungan finansial bagi industri penyedia makanan pun akan dialokasikan secepatnya.