Berita Jepang | Japanesestation.com

Banyak cara untuk menjadi viral. Bisa dengan prestasi, melakukan hal mulia, berbuat hal yang mempermalukan diri sendiri, hingga memiliki nama yang sama seperti orang populer. Nah, salah satu dari mereka yang memiliki nama sama dengan orang populer adalah wali kota Yamato, salah satu kota di Prefektur Kumamoto. Ya, karena kemanangan Joe Biden dalam pemilu presiden Amerika Serikat, wali kota Yamato menjadi viral karena namanya dapat dibaca sebagai “Jo Baiden” jika membaca karakter kanji Cina dalam namanya dengan cara baca tertentu.

Dilansir dari Mainichi, nama Wali Kota Yutaka Umeda memang tengah viral di Jepang.  Namun, ia tidak tahu sama sekali tentang hal itu hingga salah satu anggota keluarganya memberi tahu bahwa ia menjadi trending topic di internet pada 6 November pagi lalu.

"Saya merasa sedikit bingung dengan hal mendadak ini,” ujar Umeda merespon pertanyaan awak media melalui Yamato Town Office. Namun, saat ditanya terkait apakah ia menjadi terinspirasi dari hal itu, ia menambahkan, ”Meski ada perbedaan dalam posisi seorang kandidat presiden Amerika Serikat dan wali kota Yamato ini, semangat kami tetap sama. Kami akan terus bekerja dalam memenuhi kewajiban kami untuk memastikan kebahagiaan warga kami.”

joe biden wali kota yamato japanesestation.com
Sebuah screenshot dari profil Wali Kota Yutaka Umeda dalam situs resmi Kota Yamato, Prefektur Kumamoto. (mainichi.jp)

Kejadian serupa pun sempat terjadi beberapa waktu lalu. Saat mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama terkenal akibat disebut-sebut sebagai kandidat presiden terkuat dari partai Democratic pada tahun 2008, kota Obama di Prefektur Fukui, Chubu, mendadak viral. Bahkan, para penduduknya pun secara sukarela membentuk sebuah kelompok pendukung "'Obama for Obama' support group," yang membuat mereka menerima sebuah surat ucapan terima kasih dari keluarga Obama.

Kota Yamato sendiri masih belum memiliki rencana untuk membuat sesuatu yang “berhubungan dengan Biden.” Namun, dengan viralnya sang wali kota, kota yang hanya memiliki 14.418 penduduk per akhir Oktober ini sepertinya bisa membuat orang-orang tertarik mengunjunginya ya? .