Berita Jepang | Japanesestation.com

Ternyata, bukan hanya masker medis saja penutup wajah yang dicari-cari orang, topeng karet Joe Biden juga laku keras di pasaran.

Karena permintaan yang meningkat, Ogawa Studios, salah satu pabrik produksi di Jepang, mulai memproduksi topeng karet yang menyerupai presiden terpilih Amerika Serikat tersebut mulai pertengahan Oktober lalu, sesaat menjelang pemilihan umum pada minggu lalu.

Dilansir dari Japan Today, para pekerja di Saitama, sebuah kota di sisi utara Tokyo, membuat topeng tersebut dengan membentuk karet menjadi menyerupai wajah Biden. Sementara itu, fitur wajah seperti gigi putih dan mata birunya dilukis langsung dengan tangan. 

joe biden topeng japanesestation.com
Topeng karet presiden Amerika terpilih, Joe Biden di atas meja kerja di Ogawa Studios di Saitama. (AP via Japan Today)

“Dialog Biden dikenal membuat hati nyaman, jadi kami membuat topeng-topeng ini dengan menggambarkan ekspresi yang lembut,” ujar Koki Takahashi dari departemen administrasi Ogawa Studios.

Hingga kini, tercatat sekitar 1.000 topeng Joe Biden telah terjual.

Sebelumnya, pabrik produksi yang sama sempat kebanjiran permintaan topeng Trump sebelum ia dinobatkan sebagai presiden Amerika pada 4 tahun lalu. Takahashi pun mengatakan bahwa penjualan topeng Trump dan Biden yang dihargai 2.400 yen (sekitar 325.000 rupiah) per buah tersebut hampir setara pada bulan lalu, namun, memasuki bulan November, penjualan topeng Biden meningkat.

Takahashi juga menyebut bahwa membuat topeng politikus sangat menguntungkan pabrik produksi tersebut.

“Dibandingkan dengan produk berbentuk wajah karakter, politikus sudah lama menjabat, jadi, total penjualannya terus meningkat seiring bertambahnya popularitas mereka,” ujar Takahashi.