Berita Jepang | Japanesestation.com

Lebih dari 20 pengunjung kuil Nanzenji di Kyoto mengeluh karena tenggorokannya terasa sakit dan merasakan rasa nyeri lainnya pada Rabu pagi (2/5) setelah terciumnya bau kimia aneh. Menurut pihak berwenang, empat orang telah dirawat di rumah sakit dan tidak ada yang mengalami luka yang mengancam jiwa.

Pejabat kuil menyatakan bahwa mereka belum mengetahui dengan pasti apa yang menyebabkan bau tajam tersebut muncul, namun bau tersebut diyakini berasal dari toilet sekitar yang terletak di dekat bangunan utama kuil Buddha. Sekitar 70 orang telah dievakuasi dari kuil yang ditetapkan sebagai harta nasional ini.

Lebih Dari 20 Pengunjung Kuil di Kyoto Keracunan Bau Kimia Dari Toilet Sekitar
Kuil Nanzenji Kyoto

Para pengunjung menerima perawatan medis darurat di pekarangan kuil dan sekitar selusin ambulans serta mobil pemadam kebakaran diberangkatkan ke lokasi. Seorang pejabat kuil menghubungi petugas pemadam kebakaran sekitar pukul 11:30 pagi setelah salah satu pengunjung melaporkan "bau aneh."

Beberapa orang di sekitar saya tiba-tiba mulai batuk atau bahkan menangis. Saya langsung lari dari kuil tersebut, ”kata Yoshie Iwata, seorang pengunjung berusia 42 tahun dari Sakai, Prefektur Osaka.

Kuil suci ini ditutup bagi pengunjung setelah insiden itu terjadi, namun kini kuil Nanzenji telah dibuka kembali sejak hari Kamis kemarin.

Kuil ini telah dibuka untuk umum sejak tahun 1291 dan merupakan kuil utama bagi sekolah Nanzenji dari aliran Buddha Zen Rinzai.

(featured image : Japan Times)