Share on

Jepang identik dengan bencana topan atau dikenal dengan istilah taifuu yang datang setiap musim panas hingga gugur. Badan Meteorologi Jepang mengatakan topan Jebi menghantam bagian selatan Prefektur Tokushima siang (4/9). Penerbangan dan layanan kereta dibatalkan, sementara pabrik dan fasilitas komersial seperti Universal Studios Jepang, taman hiburan populer di Osaka, ditutup akibat mendaratnya topan ini di Honshu, pulau utama Jepang.

Advertise With Us

Sebuah kapal menabrak sebuah jembatan yang menghubungkan bandara Kansai dengan daratan utama di pinggiran kota Osaka di tengah angin kencang dan gelombang tinggi akibat dari topan yang kuat. Kapal tanker itu telah berlabuh di teluk Osaka tetapi tersapu ke jembatan yang menghubungkan bandara dan kota Izumisano di Prefektur Osaka.

Dikategorikan sebagai "sangat kuat" berdasarkan kecepatan anginnya, Jebi adalah topan terkuat untuk yang datang terakhir kali pada tahun 1993.

Mulai jam 1 siang pada hari selasa, Jebi datang dengan kecepatan 60 kilometer per jam dan mengehembuskan angin hingga 216 kilometer per jam dengan tekanan atmosfer 955 hektar di pusatnya. Hembusan angin dengan kecepatan 209 km per jam menghantam Kansai International Airport.

Badan Meteorologi mengatakan topan itu diperkirakan akan melewati Laut Jepang pada Selasa malam dan bergerak ke utara, dan Rabu pagi akan melemah menjadi badai ekstratropis. Kedatangan Jebi di Jepang barat diperkirakan akan mempengaruhi operasi sistem transportasi dan bisnis.

Lebih dari 700 penerbangan lokal dan internasional telah dibatalkan. All Nippon Airways Co dan Japan Airlines Co telah membatalkan 289 penerbangan dan 218 penerbangan.

Operator kereta api juga menghentikan beberapa layanan, termasuk jalur Tokaido Shinkansen dan Sanyo Shinkansen, sementara beberapa bagian dari jalan tol ditutup.

Department store di Jepang barat, termasuk Osaka dan Kyoto, tutup untuk hari ini. Nagoya yang berada di Jepang tengah juga menutup lokasi wisata seperti Istana Nagoya.

Dalam periode 24 jam, 500 milimeter hujan akan mengguyur di Jepang tengah.

Berikut video dan foto kerusakan akibat topan di Jepang bagian barat dan tengah:

(featured image: Japan Today)