Share on

Soal kereta cepat dan tanpa ngaret, Jepang jagonya. Ya, negeri sakura ini memang dikenal dengan shinkansen, kereta peluru yang kecepatannya sudah tak perlu diragukan lagi. Perusahaan kereta api di Jepang sangat bangga atas transportasi ini dan terus meningkatkan kualitas shinkansen. Nah, salah satu perusahaan kereta tersebut adalah JR East yang baru saja mengumumkan bahwa mereka akan membuat shinkansen yang dapat berjalan lebih cepat.

Advertise With Us

Nah, kereta shinkansen beruntung yang akan mendapatkan upgrade ini adalah JR East Tohoku Shinkansen yang beroperasi dari Tokyo menuju Aomori. Meski Tohoku Shinkansen bergerak dengan kecepatan berbeda di setiap rutenya, upaya baru ini akan meningkatkan kecepatan kerta di perjalanan terakhirnya, yaitu dari Morioka, Iwate menuju sebuah terminal di Stasiun Shin-Aomori. Kini, Tohoku Shinkansen bergerak dengan kecepatan 260 km per jam, tapi kecepatannya akan segera bertambah menjadi 320 km per jam.

Untuk mempertahankan kecepatan kereta tetap 320 km per jam hingga mencapai tujuan akhir ternyata tidak mudah, bukan hanya sekadar membuat beberapa penyesuaian mesin lho. Jadi, akan ada pekerjaan tambahan harus dilakukan di sepanjang 24 bagian rel untuk mengurangi polusi suara, seperti meningkatkan penyerapan suara di terowongan. Karena itu, JR East mengatakan akan membutuhkan tujuh tahun penuh untuk membuatnya rampung.

Ternyata cukup lama ya? Akankah proyek besar ini semenguntungkan kelihatannya? Mungkin, jika kamu ingin mempersingkat perjalananmu sebanyak 5 menit. Ya, dengan mempercepat kecepatannya menjadi 320 km di akhir perjalanan, shinkansen super cepat ini akan membuatmu sampai di Stasiun Shin-Aomori lima menit lebih awal dari biasanya. Bagaimana? Tertarik mencobanya? Tunggu hingga tahun 2027 ya!