Share on

Cepat, bersih, berteknologi tinggi, dan praktis adalah beberapa alasan yang bikin kita ingin merasakan bagaimana berkeliling Jepang dengan menggunakan Shinkansen. Sayangnya, kini kereta cepat Jepang ini tidak lagi praktis, malah jadi sangat merepotkan dengan peraturan barunya.

Sebagaimana diumumkan pada musim panas tahun lalu, JR Tokai (juga dikenal sebagai Central Japan Railway Company), JR West, dan JR Kyushu memutuskan untuk membuat peaturan baru terkait barang bawaan di Shinkansen. Per 20 Mei, para penumpang yang menaiki Shinkansen di jalur Tokkaido, Sanyo, dan Kyushu (intinya, semua jalur yang mengubungkan Tokyo dengan area barat Jepang, seperti Kyoto, Osaka, Kobe, Hiroshima, dan Fukuoka) akan diminta untuk melakukan reservasi untuk “koper besar,” atau membayar biaya tambahan sebesar 1.000 yen jika mereka terlihat membawanya tanpa reservasi. Tak hanya itu, reservasi koper besar ini hanya bisa dilakukan oleh para penumpang yang membeli tiket reserved-seat, otomatis melarang para penumpang yang membeli tiket non-reserved seat yang lebih murah untuk membawa koper besar.

JR sendiri mendefinisikan koper besar ini sebagai semua koper dengan total panjang, tinggi, dan lebar melebihi 160 centimeter. Sebagai referensi, batas koper yang diizinkan oleh Japan Airlines adalah 120 centimeter, dan total pengukuran koper pada gambar di bawah ini dibulatkan menjadi 160 centimeter.

Koper besar (soranews24.com)
Koper besar (soranews24.com)
Alat untuk mengukur koper (soranews24.com)
Alat untuk mengukur koper (soranews24.com)

JR juga akan memasang sebuah frame agar para penumpang dapat mengukur kopernya di dalam stasiun, seperti gambar di atas. Namun, reservasi tetap saja harus dilakukan saat membeli tiket, Jika terlihat datang tanpa reservasi, kamu harus tetap membayar biaya tambahan.

Kerepotan tak berhenti di situ. Kamu harus membuat reservasi koper di saat yang sama dengan reservasi seat adalah karena keduanya terkait. JR imembuat agar bagian belakang seat-mu menjadi seat khusus untuk menyimpan koper besarmu. Meski seat ini harganya tidak semahal seat yang sudah dipesan sebelumnya, perlu diketahui bahwa kereta Shinkansen hanya memiliki 6 seat yang berarti hanya maksimal 6 penumpang yang dapat berpergian sambil membawa koper besar.

Seat dan seat khusus untuk koper (soranews24.com)
Seat dan seat khusus untuk koper (soranews24.com)

Nah, seberapa langka kursi khusus koper besar ini? Pada Shinkansen Kodama, hanya ada 10 kursi bagasi kelas standar untuk seluruh kereta, ditambah 12 lainnya di kelas Green Car, membuat totalnya menjadi 22 seat. Jumlah untuk jenis Shinkansen lainnya juga tidak terlalu jauh berbeda (32 untuk Hikari, 42 untuk Nozomi). Tak hanya itu, keluarga dengan empat anggota keluarga (ibu, ayah, dua anak) biasanya tidak ingin duduk terpisah dan  pasti mereservasi seat tersebut. Makin sulit mendapatkannya kan?

Jadi, bagaimana jika kamu memiliki sebuah koper besar namun tidak bisa melakukan reservasi? Jawabannya seperti yang sudah disebutkan di atas, membayar biaya tambahan sebesar 1000 yen dan JR akan membawamu ke tempat koper besar yang kosong di mana kamu bisa meletakkan bawaanmu (itu pun jika masih ada space kosong). Jika tidak, satu-satunya opsi adalah menunggu kereta berikutnya, mengirim barang bawaanmu ke tempat tujuan dengan kurir, atau meninggalkannya sebelum kamu menaiki Shinkansen.  

Barang-barang yang menjadi pengecualian (soranews24.com)
Barang-barang yang menjadi pengecualian (soranews24.com)

Namun, ada pengecualian lho. Untuk benda-benda seperti stroller, alat olahraga, dan instrumen musik, bisa dibawa tanpa melakukan reservasi! Kecuali jika kamu ingin membawanya di belakang seat-mu, tetap saja butuh reservasi.