Mirip Ojigi di Jepang, Budaya PT KAI Digunjingkan Netizen


Mirip Ojigi di Jepang, Budaya PT KAI Digunjingkan Netizen
Mirip Ojigi di Jepang, Budaya PT KAI Digunjingkan Netizen

Petugas PT Kereta Api Indonesia saat ini memiliki “tradisi” unik. Mereka memberikan gestur hormat ke para penumpang sebelum kereta api berangkat. Tradisi unik itu dilakukan dengan menyilangkan tangan di dada dan sedikit membungkukkan badan.  Sikap ini dilakukan oleh porter, petugas keamanan atau petugas lain. Apakah benar budaya ini mirip Ojigi seperti di Jepang?


Selintas, tradisi ini mengingatkan kita akan tradisi menundukkan badan yang ada di Jepang. Sejumlah warganet pun menyoroti gestur tersebut, sehingga menjadi pro dan kontra di masyarakat.

Mirip Ojigi di Jepang, Budaya PT KAI Digunjingkan Netizen
Mirip Ojigi di Jepang, Budaya PT KAI Digunjingkan Netizen

“Tujuannya kan sebenarnya pemberian salam hormat atau salam terima kasih, sebagai bentuk untuk meningkatkan pelayanan atau service excellence, pada para penumpang kereta api dengan salam hormat seperti itu,” kata Kepala Humas PT KAI Agus Komaruddin.


Bagaimana di Jepang? Budaya membungkuk di Jepang ini disebut dengan お辞儀 (ojigi).  Ojigi adalah salah satu kegiatan dalam budaya orang Jepang untuk melakukan penghormatan bagi orang lain.Sikap membungkuk ini dilakukan pada saat pertemuan pertama dengan seseorang atau orang asing.

Ojigi ini kadang terlihat ketika sesorang sedang bercakap-cakap secara intens, hal tersebut mencerminkan bahwa sang pembicara sangat menghormati lawan bicara.

Di Indonesia, ternyata ada juga lho budaya yang membungkuk seperti Ojigiri. Salah satunya adalah Mlaku Mbungkuk masyarakat Jawa. Mlaku mbungkuk disini maksudnya adalah berjalan membungkuk saat lewat di depan orang yang lebih tua.

Mlaku Mbungkuk, Budaya Membungkukan Badan Untuk Menghormati Orang Tua di Jawa

Mlaku mbungkuk bertujuan untuk mengajarkan tata krama dan sopan santun kepada anak, agar menghormati orang yang lebih tua. Membungkukan badan, memang identik dengan Jepang. Tapi bukan berarti gestur tersebut hanya milik orang Jepang.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Sources :

What's Your Reaction?

LOL LOL
4
LOL
Sugoi! Sugoi!
52
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
3
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
2
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
4
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
19
Daisuki!
Kowai Kowai
1
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
2
Kawaii~
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes