SHARE THIS ARTICLE

Meski Korea merupakan negara tetangga yang paling dekat dengan Jepang, ternyata keduanya memiliki budaya cara makan dan minum yang berbeda satu sama lain, bahkan hampir terlihat berseberangan. Bagaimana dengan budaya lainnya ya? Terkadang cara terbaik untuk memahami budaya orang Jepang adalah dengan membandingkannya dengan budaya lain. Dari sinilah kita akan belajar memahami bagaimana cara orang Jepang menunjukkan rasa hormatnya di meja makan.

1. Menuangkan Minuman

Masyarakat di kedua negara ini memiliki tradisi ‘minum’ bersama rekan kerja mereka. Tapi ada yang berbeda lho, orang Korea hanya menawarkan untuk mengisi gelas rekan kerja mereka ketika melihat gelas rekannya sudah kosong. Hal ini dianggap kasar dalam budaya Jepang, mereka dengan senang hati selalu menjaga gelas rekan kerja mereka tetap penuh.

2. Makan nasi

Orang Korea biasanya makan dari mangkuk nasi yang mereka letakkan di atas meja makan. Kebalikannya, orang Jepang akan membawa mangkuk nasi di tangan kiri, memegang sumpit mereka di tangan kanan dan menaruh mangkuk dekat dengan mulut mereka sambil makan. Ingat, jangan menaruh makanan lain di atas nasi karena masyarakat Jepang percaya bahwa dalam sebutir nasi terdapat tujuh Dewa Keberuntungan!

3. Menyentuh mangkuk sup

Orang Jepang hanya menggunakan sumpit saat makan miso soup sehingga mereka mengangkat mangkuk dekat dengan bibir agar memudahkan untuk meminum kuah sup. Sedangkan orang Korea, mereka menggunakan sumpit dan sendok untuk makan sup. Dengan begitu, mereka menggunakan sendok untuk meminum kuah supnya.

Kalau budaya di kita sih lebih enak makan dengan menggunakan tangan ya? Konon katanya makan langsung menggunakan jari lebih sehat…

(All images: wasa-bi.com)

Source : wasa-bi.com
COMMENT