SHARE THIS ARTICLE

Saat berjalan kaki melalui perumahan sempit di daerah Yokohama, kita mungkin dapat menemukan penemuan-penemuan tak terduga. Salah satunya adalah rumah tua kecil nan sederhana di mana merupakan tempat disimpannya koleksi mainan kuno yang terbuat dari kaleng terbanyak di Jepang. Rumah tersebut dikenal juga sebagai Museum Kitahara.

mengintip-koleksi-mainan-kaleng-jadul-di-museum-kitahara1-min
(image: tagosaku/Flickr)

Di dalam ruang sempit yang terdapat di dalamnya, pengunjung bisa merasakan nuansa nostalgia dan mungkin juga dibuat sedikit merinding. Mainan yang dibuat di kisaran tahun 1890-1960 ini kebanyakan dibuat di Jepang dan dikumpulkan oleh Teruhisa Kitahara.

Beliau merupakan seorang salah satu kolektor ternama dan penulis beberapa buku tentang mainan kuno. Kitahara telah memburu mainan kaleng sejak tahun 1970 dan semua yang dipamerkan di museum tersebut merupakan bagian dari koleksi pribadinya.

mengintip-koleksi-mainan-kaleng-jadul-di-museum-kitahara2-min
(image: Dennis Wong/Flickr)

Museum ini dibuka untuk publik sejak tahun 1986. Hal tersebut merupakan cara bagi Kitahara untuk berbagi dengan orang lain. Koleksinya meliputi robot, pesawat mainan, kereta api mini, dan bahkan ada beberapa di antara mainannya yang terlihat aneh.

mengintip-koleksi-mainan-kaleng-jadul-di-museum-kitahara3-min
(image: tagosaku/Flickr)

Para calon pengunjung dapat menemukan museum Kitahara di dekat Taman Motomachi. Jika hendak berkunjung untuk melihat koleksinya, akan dikenakan biaya administrasi sebesar 200 yen.

(featured image: google street view)

Source : atlasobscura.com
COMMENT